Astranauts, Ajang Adu Inovasi Techpreneur Muda Tanah Air

  • Writen by: admin
  • Published: 27/10/2022

Astranauts adalah ajang kompetisi bagi mahasiswa dan startup Indonesia yang memiliki minat terhadap pengembangan inovasi digital dan teknologi, dengan lima tema, yaitu Future of Mobility, Future of Finance, Industry 4.0, Sustainability dan Emerging Technology.

Dengan tagline inspire, innovate, collaborate, Astranauts merupakan salah satu bukti keseriusan Grup Astra menyambut persaingan di era digital yang digagas oleh Group Digital Strategy. Astranauts membidik beragam ide inovasi digital yang dikembangkan oleh para pesertanya.

“Astranauts punya tujuan melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini. Kami berharap Astranauts juga menciptakan ruang kolaborasi yang lebih erat lagi antara mahasiswa, startup, dan juga Astra khususnya,” ujar Chief of Group Digital Strategy, Astra, Paul Soegianto.

Rangkaian Program Astranauts

astranauts

Hampir 1.000 tim dan 500 ide dari kategori mahasiswa dari jenjang sarjana, magister, hingga doktoral, dan startup di tanah air ikut berlomba dalam Astranauts. Untuk diketahui, periode pendaftaran Astranauts 2022 sendiri dibuka pada 13 Mei sampai 8 Juli 2022 alu.

Para pendaftar pun diseleksi untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya tau preliminary round. Setelah lolos dari tahap ini, peserta mengikuti sesi mentorship eksklusif selama dua minggu dari partner seperti, BCG, McKinsey, Accenture, Dalberg, AT Kearney,  Ernst & Young, Google, Microsoft, AWS, GK-Plug and Play, hingga TopKarir.

Usai tahapan tersebut, dipilih masing-masing 10 finalis dari jalur mahasiswa dan startup untuk mempresentasikan produk mereka di hadapan dewan juri dan para ahli saat Demo Day & Awarding, pada 26 Agustus 2022.

Para finalis yang telah disaring pada tahap sebelumnya, dan berhak ikut puncak acara Demo Day & Awarding untuk kategori mahasiswa adalah Aescar, Auto Digda, Benoit, Bumikan, Cuanku, Elborv, Gromo, Interconnex, Oryza Sativa dan Robita. 

Lalu untuk kategori start-up, finalisnya yaitu Banana & Partners, Crustea.id, Detexi, Huniflex, Joinan, Manouv, Prospero, Robotika Nusantara, Startinc dan Tenang Heroes. 

Selama gelaran berlangsung, diadakan juga program Astranauts Week di mana peserta dan juga masyarakat umum dapat mengikuti serangkaian webinar, workshop, digital showcase, dan career fair.

Demo Day & Awarding

astranauts

Dari 20 finalis yang tersaring, terpilihlah pemenang untuk jalur mahasiswa, dan startup pada Demo Day & Awarding Astranauts yang digelar di Catur Dharma Hall, Menara Astra, tanggal 22 Agustus 2022 lalu. 

Untuk jalur mahasiswa, juara I adalah Gromo, dengan inovasi “Smart transportation for livestock with smart decision system” (tema Industry 4.0). Juara II adalah Bumikan, dengan inovasi “A Platform that provides one-stop solution for death and after-life services” (tema Sustainability).

Juara III dimenangkan oleh dua peserta, yaitu Auto Digda, dengan inovasi “Automatic guided vehicle can transform Into 4 types: unit loads, arm robot, towing, and forklift” (tema Industry 4.0), dan Benoit, dengan inovasi “Replacing silicon PV which is simpler, cheaper, and suitable for bio-based implementation” (tema Sustainability).

Sementara untuk jalur start-up pemenangnya adalah Crustea, dengan inovasi “Eco-aerator with IoT to Increase pond productivity and reduce operational costs” (tema Emerging Technology).

astranauts

Juara II diraih oleh Tenang Heroes, dengan inovasi “Siri/Alexa for first aid mental health help, using Cognitive Behavioral Therapy and AI” (tema Emerging Technology). Juara III dimenangkan oleh Robotika Nusantara, dengan inovasi “Robotics education for early age kids through workshop, in-house curriculum and learning kits” (tema Industry 4.0).

Sebagai penghargaan pada ide-ide kreatif dari peserta, Astranauts memberikan hadiah hingga ratusan juta untuk para pemenangnya. 

Bagi kategori mahasiswa, juara I mendapatkan Rp30 juta. Juara II mendapatkan Rp20 juta dan juara III mendapatkan Rp10 juta. Untuk jalur start-up, juara I mendapatkan hadiah Rp75 juta. Juara II mendapatkan Rp50 juta dan juara III memperoleh Rp25 juta. 

Selain uang tunai, peserta Astranauts juga akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra, serta kesempatan untuk bekerja bersama dengan Astra. Sampai jumpa pada program Astranauts 2023 mendatang!