Investasi Astra di Paxel Capai Ratusan Miliar, Apa Misinya?

  • Writen by: admin
  • Published: 08/12/2022

Menyuntikkan dana segar hingga ratusan miliar Rupiah yang dilakukan sebagai investasi Astra di Paxel, pasti mengundang tanda tanya publik. Apa yang ingin dicapai dengan hal tersebut?

Dikutip dari Bisnis.com, Juni 2022 lalu, PT Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, Astra Digital Internasional (ADI), menyuntikkan dana senilai 14,5 juta USD atau setara Rp 216,05 miliar di Paxel.

Paxel merupakan sebuah perusahaan rintisan di bidang logistik berbasis teknologi,  dan berkantor di Jakarta, Indonesia. Dengan tagline Paketmu Sehari Sampai, perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 November 2017. 

Kehadiran Paxel menargetkan UMKM yang mempunyai kebutuhan kirim-mengirim dan membutuhkan jasa kurir yang cepat, murah, dan dengan jangkauan luas. Tidak perlu waktu lama, Paxel melejit dan catat 1,5 juta kali pengiriman pada tahun 2019.

investasi Astra di Paxel

Investasi Astra di Paxel ini diakui Presiden Direktur Astra International (ASII), Djony Bunarto sebagai langkah visioner sesuai strategi digitalisasi perusahaan.

“Ini sejalan dengan strategi kami untuk memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia,” kata Djony seperti dikutip Katadata

Investasi Astra di Paxel Dilakukan melalui unit usahanya, PT Astra Digital Internasional (ADI).

Pendanaan seri C ini juga diikuti sejumlah investor lain, sebut saja MDI Ventures, SIG, Central Capital Ventura, FJ Lab dan Endeavour Catalyst.

Selain Paxel, sejumlah perusahaan rintisan lain juga telah mendapat kucuran dana melalui ADI. Sebut saja Gojek, Halodoc, Mapan, hingga Sayurbox. 

Lalu, apakah ada kriteria dari sebuah perusahaan rintisan jika berminat diberi suntikan modal oleh ASII? 

Investasi Astra di Paxel

investasi Astra di Paxel

Menurut keterangan Head of Corporate Investor Relations ASII, Tira Ardianti ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum membuat keputusan untuk berinvestasi.

“Astra menilai beberapa elemen berikut, yakni proposisi nilai, model bisnis, daya tarik dan cakupan, visi pendiri, serta kemampuan manajemen,” ujar Tira dikutip Tempo.

Ia menambahkan, pada saat ini perusahaan ingin lebih aktif berinvestasi pada bisnis yang dapat mempercepat transformasi digital Astra.

Investasi Astra di Paxel sejalan dengan keinginan perusahaan yaitu menggandeng startup yang dapat memberikan nilai tambah melalui produk dan layanan inovatif kepada masyarakat.

investasi astra paxel

Investasi ini juga dilandasi pada visi untuk turut menciptakan kolaborasi sinergis dan memperluas peran ekosistem digital Astra dalam mengakselerasi kompetensi digitalnya.

Kontribusi dalam investasi ASII juga bertujuan untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia, utamanya pada bidang yang potensial seperti digitalisasi UKM, inklusi keuangan, teknologi layanan keuangan, dll.

“Kolaborasi ini (investasi Astra di Paxel) diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan besarnya potensi perekonomian digital Indonesia,” kata Djony dikutip oleh CNBC Indonesia.

Investasi lainnya

Astranauts

Tidak hanya berinvestasi dengan menanamkan modal, ASII melalui ADI juga melakukan investasi jangka panjang dalam hal pengembangan SDM dan pencarian talenta yang melek teknologi.

Salah satu program pencarian bakat digital dilakukan lewat akademi Astranauts. Program ini adalah ajang adu kompetisi bagi mahasiswa dan startup Indonesia yang memiliki minat terhadap pengembangan inovasi digital dan teknologi.

Program ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital dan mendorong efektifitas proses bisnis dengan inovasi teranyar. Selain itu juga memperkuat ekosistem startup Astra dan inisiasi perusahaan di bidang digital serta teknologi.

“Astranauts punya tujuan melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini,” ujar Paul Soegianto, Chief of Group Digital Strategy Astra. 

Astranauts

Ia menambahkan, Astranauts diharap dapat menciptakan kolaborasi lebih erat lagi antara mahasiswa, startup, dan Astra khususnya.

Sejumlah hal yang telah dilakukan oleh ASII ini seakan menjadi oasis segar dalam perkembangan teknologi di Tanah Air. Kiprah mereka seakan menjadi pemantik geliat inovasi dalam industri digital Indonesia tetap eksis.

Jangan sampai ketinggalan! Cari tahu selengkapnya terkait investasi dan kontribusi ASII juga Astra Digital dalam ekosistem usaha berbasis teknologi di Indonesia pada tautan ini.