Malam Kelulusan Astra InnovLab, Tujuh Startup Lokal Berpotensi Besar

  • Writen by: admin
  • Published: 26/12/2022

Rangkaian puncak acara Astra InnovLab (Innovation Lab) akhirnya tiba. Dalam acara Demo Day (16/12) yang bertempat di William Soeryadjaya Hall, Gedung Amdi, Sunter Jakarta, enam startup peserta InnovLab mempresentasikan progress pengembangan produk digitalnya.

Antara lain,  Auto Digda, Banana & Partners, Crustea, Gromo, Robotika Nusantara, Prospero. Sedangkan, satu startup lainnya yakni Startinc berhalangan mengikuti acara tersebut. 

Untuk diketahui, Astra InnovLab adalah program akselerasi intensif selama 12 minggu untuk mendukung para early-stage startup dalam mengembangkan produk mereka.​

Dalam sambutannya, Chief of Group Digital Strategy Astra, Paul Soegianto menyambut hangat kelulusan para peserta tersebut.

“Selama tiga bulan kita membantu kalian untuk menjadi perusahaan yang sustainable, dapat berdiri sendiri. Kalian telah menjadi bagian dari Astra startup community di bidang teknologi,” terang Paul.

Sementara, Kania Kismadi, Project Manager dari Astra InnovLab mengatakan, program inkubasi yang digagas ini menjadi salah satu bentuk keseriusan Astra di bidang digital dan teknologi. 

“Teman-teman startup telah melalui proses mentorship, terima kasih untuk para mentor dan coaches yang telah membantu selama ini. Sekarang saatnya kita melihat bagaimana proses dan kemajuan yang telah dicapai para peserta,” ujar Kania. 

Astra InnovLab Bekali Startup Potensial 

Astra InnovLab

Para peserta yang mengikuti Graduation Day Astra InnovLab merupakan finalis kompetisi inovasi dan teknologi Astranauts yang telah digelar pada Agustus lalu. Program tersebut menjaring ratusan ide teknologi dan aplikasi digital dari seluruh Indonesia. 

Selama mengikuti InnovLab, seluruh startup peserta mendapatkan berbagai program untuk mematangkan ide dan produknya, seperti mentorship, coaching clinic, expert talk, workshop dan banyak lagi. 

Dalam Demo Day Astra InnovLab, para peserta diberi waktu 10-15 menit untuk mempresentasikan dan menjelaskan apa yang telah dicapai selama proses bimbingan dari para expertise yang disediakan oleh Astra.

Gromo misalnya, menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memantau proses pengiriman ternak hidup dengan memanfaatkan kehadiran internet. Para peternak dapat memantau langsung kondisi hewan di perjalanan, termasuk berat badan dan kesehatannya.

Astra InnovLab

Kemudian Crustea, menciptakan aerator berbasis internet untuk meningkatkan kualitas hasil tambak udang. Dengan alatnya itu, mereka menjamin hasil ternak udang lebih banyak dan lebih berat sehingga menguntungkan para peternaknya.

Auto Digda, menciptakan robot berbasis aplikasi untuk mempermudah proses pengaturan dan pengiriman barang di dalam gudang. Robot tersebut juga dapat dikendalikan dari aplikasi di komputer secara remote.

Alat yang diciptakan dapat mengerjakan banyak hal dengan menyatukan beragam fungsi robot seperti mendorong, menarik dan mengangkat barang.

Sedangkan Banana & Partners mengembangkan sistem pengolahan limbah rumah tangga bernama Pandora atau Pusat Industri Daur Ulang Rumahan yang dapat mengolah 3-6 ton sampah organik per hari.

Ekosistem Digital Astra

Astra InnovLab

Selanjutnya, meski telah dinyatakan lulus inkubasi, ketujuh startup tidak akan dilepas begitu saja. Menurut Paul, pihaknya masih akan terus membimbing peserta secara maksimal.

“Setelah Innovlab ini kita akan terus membantu kalian mendapatkan funding dan growth. Kalian akan terus berkembang dan pada akhirnya menjadi semakin besar. Happy graduation day,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Paul juga mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang membantu Astra InnovLab. Selamat ya kepada para lulusan pertama program Astra InnovLab!

Ikuti terus berita seputar komunitas startup teknologi dari Astra InnovLab dan tunggu keseruan program ini di tahun 2023 mendatang.