Digitalisasi Dunia

AI-powered Hardware yang Mengubah AI dari Kata-kata Menjadi Aksi

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 19 Januari 2024
Astra Digital Assets

Telepon pintar masih menjadi salah satu perangkat favorit yang disukai sebagian besar orang di dunia. Sesuai namanya, perangkat ini secara cerdas dapat memberikan solusi atas setiap kebutuhan penggunanya.

 

Saat ini, diperkirakan jumlah pengguna ponsel pintar mencapai 54% dari total populasi dunia. Namun, bagaimana jika kecanggihan telepon pintar ternyata dapat disaingi oleh sebuah alat baru yang disebut Rabbit R1? Apa kecanggihan alat yang baru diluncurkan di awal tahun 2024 ini?

 

Mengenal Rabbit R1

 

Mengusung kinerja dengan Kecerdasan Buatan (AI), Rabbit R1 diklaim menjadi asisten saku masa depan yang dapat diandalkan. Kehadirannya disebut bakal menjadi andalan orang di masa mendatang.

 

Lalu, apa yang istimewa dan apa saja kecanggihan alat ini? Bagaimana cara kerjanya?

 

yHDWMD8nck5w54FqMUB1DLLZlwWRNEUhBdOYV49bAAS7KyN1k1N1PgRuvU2rUcDKDVrFpbyG0AWOmZI4LuTcdV-YVHOYCbxrEXUQ60HfZu03KRBXJf919qtdkqfwpOKwOmEQNml89z8hsGwq7zmotM0

 

Secara sederhana, Rabbit R1 dapat bekerja layaknya telepon pintar. Namun, perangkat ini melakukan semua pekerjaannya tanpa aplikasi apapun. Kamu dapat memerintahkannya membuat daftar perjalanan, memesan tiket perjalanan, membuat reservasi restoran atau hotel, dan tugas-tugas lainnya tanpa membuka aplikasi.

 

Rabbit R1 menggunakan Large Action Model (LAM) yang kompleks dan dapat menerima perintah suara. Penggunaan LAM membantu Rabbit R1 untuk memahami konteks percakapan yang lebih baik, menghasilkan terjemahan yang lebih akurat, dan menulis konten yang lebih menarik.

 

LAM membuat Rabbit R1 juga dapat memahami perintah menggunakan bahasa natural. Misalnya, pengguna cukup mengatakan “Saya butuh tumpangan ke bandara”, dan Rabbit R1 akan menangani proses selanjutnya seperti mengaktifkan aplikasi taksi online dan mengatur perjalanan.

 

Bukankah semua hal di atas juga dapat dilakukan oleh telepon pintar? Memang. Akan tetapi, telepon pintar membuat pengguna harus membuka satu atau dua aplikasi untuk menyelesaikan perintahnya. Dengan Rabbit R1, pengguna akan mempersingkat dan mempercepat penyelesaian suatu tugas atau perintah. 

 

“Rabbit menjawab pertanyaan dalam 500 milidetik. Dia bekerja 10 kali lebih cepat dari program suara AI populer saat ini. Dengan tombol push to talk, kamu hanya perlu tekan dan perintahkan Rabbit bekerja,” ujar Jesse Lyu, Founder & CEO Rabbit.

 

Lebih lanjut ia menerangkan, “Telepon pintar adalah sebuah perangkat hiburan, namun jika Anda mencoba menyelesaikan sesuatu, smartphone bukan mesin dengan efisiensi tertinggi. Untuk mengatur makan malam dengan kolega, misalnya, memerlukan 4-5 aplikasi berbeda untuk bekerja sama,” jelasnya lewat sebuah sesi wawancara, dikutip dari TechCrunch.

 

Apa saja yang bisa dikerjakan?

 

zVH9BWEqgIZfWpMmFDNlg2edg3NFlsppaVqyPt0I2Bo2AJnEjy9YMoRMqWN2jSwilSpFv94HnZ9MEzMxmRNnC3J6f5Rr-sBbR-ITR7NVKcs7ZF3ax_MPni2sqKLJzljsdFJXLnRZ07MXxRIF1Mztv3U


 

Rabbit R1 adalah perangkat AI portable yang memiliki berbagai kemampuan, termasuk:

 

  • Pemahaman bahasa: Rabbit R1 dapat memahami bahasa manusia dan menanggapinya dengan cara yang informatif dan relevan. Misalnya, jika seseorang bertanya kepada Rabbit R1 "Apa ibukota Prancis?", Rabbit R1 akan menjawab "Ibukota Prancis adalah Paris".
  • Terjemahan: Rabbit R1 dapat menerjemahkan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain. Misalnya, jika seseorang meminta Rabbit R1 untuk menerjemahkan frasa "Aku cinta kamu" dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, Rabbit R1 akan menghasilkan terjemahan yang akurat, yaitu "I love you".
  • Pembuatan konten kreatif: Rabbit R1 dapat menulis berbagai jenis konten kreatif, seperti puisi, cerita, dan kode. Misalnya, jika seseorang meminta Rabbit R1 untuk menulis puisi tentang cinta, Rabbit R1 akan menghasilkan puisi yang menarik dan menyentuh.
  • Jawaban pertanyaan: Rabbit R1 dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengguna, bahkan jika pertanyaan tersebut bersifat terbuka, menantang, atau aneh. Misalnya, jika seseorang bertanya kepada Rabbit R1 "Apakah arti hidup?", Rabbit R1 akan memberikan jawaban yang komprehensif dan informatif.
  • Asisten pribadi: Rabbit R1 dapat membantu pengguna dengan berbagai tugas, seperti mengatur jadwal, mencari informasi, dan membuat catatan. Misalnya, jika seseorang meminta Rabbit R1 untuk mengatur janji temu dengan dokter, Rabbit R1 akan membantu pengguna untuk menemukan dokter yang sesuai dan mengatur janji temu.

 

Spesifikasi

 

2KyzTwlzVsB9EzLwtbeIlR3wPDLV2xrDjsR96s8vXCLJZgBf0qVjLbBre5kLbRznVXfoYfpJXkC2p137hGG1aa3QNu1-JT0ZrURdFYntk7pCpSj9bW7EWnjF2iG0fS5Xd7_O9oacuoDwNBaB7ehosPM

 

Untuk mendukung kinerja tersebut, Rabbit R1 dibekali komponen-komponen pendukung seperti:

 

  • Layar sentuh 2,88 inci: Layar sentuh memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan Rabbit R1.
  • Chipset MediaTek Helio P35: Chipset MediaTek Helio P35 memberikan kinerja yang mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi AI.
  • RAM 4GB: RAM 4GB memastikan bahwa Rabbit R1 dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa lag.
  • Storage 128GB: Storage 128GB memberikan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan berbagai aplikasi, file, dan data.
  • Port USB-C, Bluetooth, Wi-Fi, dan slot SIM 4G: Port USB-C, Bluetooth, Wi-Fi, dan slot SIM 4G memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Rabbit R1 ke berbagai perangkat dan jaringan.

 

Relevansi terhadap Bisnis

 

Rabbit R1 menggunakan Large Action Model (LAM) yang memungkinkan device ini berinteraksi dan "belajar" dari software maupun platform apapun, tanpa perlu koneksi API apapun. Rabbit R1 juga memiliki training mode, yang berarti pengguna dapat mengajar R1 untuk memahami konteks, fungsi, dan cara kerja dari aplikasi-aplikasi external, bahkan internal perusahaan, sehingga dapat digunakan untuk membantu proses internal perusahaan. Dengan adanya Rabbit R1 ini, bisnis dapat mengekspektasikan peningkatan produktivitas dan efisiensi proses bisnis mereka.

 

Contoh penggunaan Rabbit R1 pada industri: 

 

AGjbyK2jg2bhmGtRXd6Togxwe4zJeGkERijXHc05A949qAykXIoVuNAXTMufZjzeEzKHpZh1ko5deMXJYyLyItBx_nYsOsQ3AO9ufJj-XyVrqHu1dK1mNJwnSWjiOS2jBLzbtZYjRVX4A3_wKMlLZlU



 

  1. Otomotif: 
    1. Perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengirimkan pesan kepada pelanggannya tentang status pesanan mereka. Misalnya, jika seorang pelanggan memesan mobil baru, perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan tentang kemajuan pesanan mereka, termasuk tanggal pengiriman yang diharapkan.
    2. Perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengotomatiskan tugas-tugas produksi, seperti pemesanan bahan baku dan pengiriman produk. Misalnya, perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk secara otomatis memesan bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil baru.
    3. Perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data secara real-time, seperti data kinerja mesin dan data lalu lintas. Misalnya, perusahaan otomotif dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data kinerja mesin untuk memastikan bahwa mobil-mobil mereka beroperasi dengan lancar.

 

SLCmH2f2PLl6tq-yfznVRaxp7EDfOViaMERTkzQBDEh6N-Zn-z7_uYyEe2IQfsAX9VayElLaj-CvI69_EBhsJ7sukmYk70r-JgwqLqeful-Ww2WwI4Vulk5o2CsAy2OsWYVx87y4Ok7ux5HmNuyxxtk

 

  1. Jasa Keuangan:
    1. Perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk membantu pelanggannya mengajukan pertanyaan dan menyelesaikan masalah. Misalnya, perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk menyediakan layanan pelanggan 24/7.
    2. Perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau transaksi keuangan secara real-time. Misalnya, perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau transaksi penipuan.
    3. Perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengotomatiskan tugas-tugas back-office, seperti pemrosesan pembayaran dan manajemen risiko. Misalnya, perusahaan jasa keuangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk secara otomatis memproses pembayaran kartu kredit.

 

cJ2gLhmSsLInbq2g820XhtXiXSZEva9BpYMxIkr2I43mp7yXYC4hHXsqufSFriDpJy6NpmX3SivE3UY3tChNe1sXseWny0Dmwhdh_LVXkI_MZBQRcW8RhR2fr3lhSkF1f08r-3k7nEYJPa4CoNl00YA

 

  1. Alat Berat dan Pertambangan:
    1. Perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengotomatiskan tugas-tugas operasional, seperti pemantauan peralatan dan manajemen tenaga kerja. Misalnya, perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk secara otomatis memantau kondisi peralatan untuk mencegah kerusakan.
    2. Perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data secara real-time, seperti data produksi dan data keselamatan. Misalnya, perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data produksi untuk memastikan bahwa operasi berjalan dengan lancar.
    3. Perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk berkomunikasi dengan mitra bisnis, seperti pemasok dan pelanggan. Misalnya, perusahaan alat berat dan pertambangan dapat menggunakan Rabbit R1 untuk berkomunikasi dengan pemasok untuk memesan suku cadang.

 

gdvXzSN0uu-W5L9Znbh1FTD4Sh5eMXOtpJBrXzg-xzzh8nG2dtePNWeJMw8bvfBygIfBCHX51JQzWKIOQhktIb1iqbZmFRP6TPWiKlD06lDornpeOXjxyj4t94JF8yZl1Y1pl42Z0wu6GBd-ZV0SKSs

 

  1. Manufaktur:
    1. Perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk mengotomatiskan tugas-tugas produksi, seperti pemesanan bahan baku dan pengiriman produk. Misalnya, perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk secara otomatis memesan bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi produk baru.
    2. Perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data secara real-time, seperti data kinerja mesin dan data kualitas produk. Misalnya, perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk memantau data kinerja mesin untuk memastikan bahwa mesin-mesin mereka beroperasi dengan lancar.
    3. Perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk berkomunikasi dengan mitra bisnis, seperti pemasok dan pelanggan. Misalnya, perusahaan manufaktur dapat menggunakan Rabbit R1 untuk berkomunikasi dengan pemasok untuk memesan suku cadang.

 

Secara keseluruhan, Rabbit R1 adalah perangkat AI portable yang memiliki berbagai kemampuan dan fitur yang dapat membantu pengguna, baik itu personal maupun bisnis, dalam berbagai hal. Penasaran untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Rabbit R1? Tonton video launching-nya di sini:

 

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.