Berita Astra Digital

Astra InnovLab Demo Day: Membuka Pintu Menuju Era Inovasi Bisnis yang Berkualitas

Astra Digital Assets AD· 16 November 2023
Astra Digital Assets

Tanggal 14 November menjadi saksi bagi peristiwa luar biasa dalam jagad inovasi bisnis dengan diselenggarakannya Astra InnovLab Demo Day. 

 

Acara ini bukan sekadar acara kelulusan biasa, tetapi panggung spektakuler yang mempertemukan lebih dari 20 modal ventura (VC), 15 eksekutif Astra, dan mitra kerja dari berbagai kalangan seperti Natacara, Endeavor, GK Plug and Play, AWS, Datalabs, Microsoft, WebEngage, dan Sales Force.

 

gXMfUrqrm9moKhR5Uo4XpdebG4tVck-2EFB0O5Ur502xy3_HDHaw96659iRz8hnmvDgakSBkfTX_jQM4CvrxnJWgPwp-yDdA9cyLuU_ImmDG-Ji8SrA5cCL9DpKfSMBfZq9bti8yeZ1mFLSS1nOFnzY

Gambar 1: I Wayan Wisnu Anantawijaya, Astra InnovLab Program Owner, memberikan kata sambutan pada acara Demo Day Astra InnovLab


 

Pukul 16:00 WIB, suasana antusias memenuhi Catur Dharma Hall, Menara Astra, ketika I Wayan Wisnu Anantawijaya, Program Owner dari Astra InnovLab, membuka acara dengan sambutannya yang inspiratif. Sambutan tersebut memberikan momentum awal bagi rangkaian acara yang mempersembahkan apresiasi terhadap keberhasilan peserta dalam menjalani program intensif selama 3 bulan.

 

h-Zc8cmhYD7AyirX0PMibP-g0wjJagkx4y4_ScAeQ00rTLVzWtO_-8Z-i2k8GVXszGg069h10v4WvtWnEOlQX9AddIjuDNS5edM9A6et9rC4yCBq2kau9GZJFFIGzpOwTH7yaJJWNi-GbZh5adWS3LY

Gambar 2: Wilton Halim, Investment Associate dari Monk’s Hill Ventures, mengisi sesi sharing dengan para startup dan tamu undangan

 

Setelahnya, terdapat sesi sharing yang disampaikan oleh Wilton Halim dari Monk's Hill Ventures. Dalam sharing session yang berjudul "Formulating a Winning Business Strategy in a Post Tech-Winter Environment" Halim memperkenalkan pandangannya mengenai strategi bisnis yang sukses di tengah-tengah lingkungan pasca "tech-winter". 

 

Hal ini menjadi pencerahan bagi para peserta tentang pentingnya formulasi strategi yang tepat untuk tetap unggul dalam menghadapi tantangan yang dinamis di dunia teknologi saat ini.

 

Lima belas peserta berhasil menyelesaikan serangkaian program yang mencakup mentorship, coaching clinic, dan membangun jaringan luas baik dengan VC maupun bisnis unit Astra. 

 

Ada pun para peserta yang mengikuti seremoni kelulusan adalah Algobash, Blitz Electric Mobility, Cuanin, Dering, Fazpass, FitHappy, Gepo Energy, Gablind, Karla Bionics, Kawancara, Kommodity, Logice, Mampu.io, myECO, dan NetXploration. Prestasi mereka menjadi titik balik yang membanggakan.

 

Peserta Astra InnovLab dipilih secara ketat melalui Astranauts, sebuah kompetisi inovasi yang menjadi wadah bagi mahasiswa dan startup. Dari lebih dari 2.000 bisnis/ide yang masuk, hanya 23 bisnis/ide terbaik yang berhasil menjadi bagian dari Astra InnovLab. Ini adalah bukti nyata akan kualitas dan visi yang dimiliki para peserta yang berhasil menembus seleksi ketat.

 

IfoTqy9dRwpeMltildzweepO93-IKoM-z7KSLnAiralPLopyidsPKLlO_kBpOrLc2J2yIOcqk3mUw3TXlMH4FaLisZXqM2AL7UspiPVIMW1WfyiPW5TqwJUrk-H3vKi2Ph9NPls1mnhGYEbzBfjHojY

Gambar 3: Speed dating OCBC VC (kiri) dengan salah satu peserta Astra InnovLab, FitHappy (kanan)

 

Tak hanya sekadar sebuah acara seremonial, Astra InnovLab Demo Day juga menyediakan sesi speed dating yang menghadirkan lebih dari 20 VC ternama yang berinteraksi langsung dengan 11 peserta Astra InnovLab dari batch pertama dan kedua.

 

Ada pun VC yang turut berkontribusi adalah Aksara Ventures, Alpha JWC, BNI Ventures, Central Capital Ventura, DS/X Venture, Indogen Capital, Javas Ventures, K3 Ventures, Living Lab Ventures, Indigo Management, Monk's Hill Ventures, Northstar Group, OCBC VC, Openspace Ventures, Skystar Capital, Spill Venture, Spiral venture, Vertex Ventures, Rigel Capital, 540 Alpha, Sagana Capital, Genesia Ventures, Indigo Management, dan lainnya. 

 

C_onYcuz5HxTsswqcQGpB2vxlUXWiTGlL8tsM0ajDt-0NrNDebMlwHB6UOnVjAUQELva01aJWnky-5nX350bXy4joOOXn1suowCKDDoS0XBDyhZdD5GvHxzP8SHifhnMNI3GHzpAaZk2_cXOicHoTOQ

Gambar 4: Penyerahan piagam pada salah satu peserta Astra InnovLab.

 

Kesempatan ini menjadi lahan subur bagi para peserta untuk memperkenalkan ide bisnis mereka secara singkat namun komprehensif kepada para pemodal ventura.

 

Tahun depan, Astra DIgital berencana untuk melanjutkan tradisi Astranauts dan Astra InnovLab dengan melakukan beberapa perbaikan berdasarkan masukan dan umpan balik dari peserta sebelumnya. Langkah ini menjadi penanda kuat dari komitmen mereka untuk terus meningkatkan kualitas program dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi inovator masa depan.

 

Astra InnovLab Demo Day bukan hanya sekadar panggung bagi prestasi peserta, melainkan sebuah upaya nyata untuk menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan kolaborasi bisnis. 

 

Inisiatif ini menunjukkan tekad Astra dalam membangun ekosistem yang memicu transformasi dan terus mendorong pertumbuhan inovasi yang berkelanjutan dalam dunia bisnis.

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.