Digitalisasi Dunia

Generative AI: Teknologi yang Merevolusi SEO dan Konten

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 15 November 2023
Astra Digital Assets

Generative AI (Gen AI) adalah jenis kecerdasan buatan yang dapat menghasilkan konten baru, seperti teks, gambar, dan musik. Dengan kecanggihan tersebut, hasil karyanya juga dapat dikenali dengan baik oleh mesin pencari. Ini tentu saja menjadi masa depan yang menjanjikan bagi dunia SEO (Search Engine Optimization). 

 

Dengan memahami potensi GAI dan menerapkannya secara tepat melalui alur kerja, para praktisi SEO dapat meningkatkan kinerja SEO mereka dan mencapai hasil yang lebih baik.

 

Transformasi SEO di Era AI

Dengan munculnya pembelajaran mesin dan teknologi AI, masalah teknis SEO kini dapat diatasi bahkan sebelum terjadi. Namun, anggapan bahwa AI akan membuat SEO menjadi usang mengingatkan kita pada ketakutan yang menyelimuti munculnya voice search. Meskipun AI, khususnya alat seperti Bing dan Bard, memiliki kelebihannya masing-masing, penting untuk memahami kemampuan dan keterbatasannya sebelum mengambil kesimpulan. Sebelum lebih jauh, mari kita lihat sekilas bagaimana beberapa mesin telusur/ search engine mengintegrasikan AI ke dalam hasil penelusuran.

 

1. Microsoft Bing

 

Pada Februari 2023 lalu, Microsoft telah merilis versi baru Bing yang terintegrasi dengan GPT, dan terus berinvestasi untuk menjadikannya alternatif yang lebih kompetitif dibandingkan Google yang saat ini mendominasi pasar mesin pencari.

 

VhMSoilj6Cs2_9bWOwd6wgYGR_pk13FFP_sCS4z0aPjh6bsT1Px9M7KIemtyQtNWLWVjMbNIfAk0eEaS8HtAQAX32dRGvp8RIbiiN5-x8fiNI18GlIQfyyZinVosZ7nW1iE2hOR8eeZxpmyTMradDd8

| Tampilan Microsoft Bing

 

“AI akan mengubah setiap kategori perangkat lunak secara mendasar, dimulai dari kategori terbesar yaitu pencarian,” kata Satya Nadella, Chairman dan CEO, Microsoft. Ada 10 miliar kueri penelusuran setiap hari, namun Microsoft memperkirakan setengahnya tidak terjawab. Itu karena orang-orang menggunakan penelusuran untuk melakukan hal-hal yang awalnya tidak dirancang untuk dilakukan. Ini bagus untuk menemukan situs web, tetapi untuk pertanyaan atau tugas yang lebih kompleks sering kali gagal.

 

Pada Mei 2023, Google memegang 83,49% pangsa pasar desktop, sementara Bing berada di posisi di bawahnya dengan 9,19%. Namun Bing lebih cepat memasarkannya dengan AI, dan ini dapat membuat ancaman bagi Google, mari kita akan menunggu ke depannya apa yang akan terjadi.

 

u1pEXx-H_3PysGq2RMu9VtcqGec27a6ksLXKLk6VprHBcNsLhai0U2m69oGODa-s_iiKB8jM7Z7ZeHAH44Omcwt0QzvG-VHunQZ5s9DOuf5v2-CgPGbgAo-kmF8y-XMMPK5qQA931TfmRzAPl0q7fG0

| Market Share Mesin Pencari dari 2015 hingga Juli 20223. Sumber: Statistia, 2023

 

Dengan pembaruan dan penyempurnaan terkini ini, Bing berpotensi menjadi alat yang lebih tangguh dan serbaguna bagi pengguna yang mencari informasi secara online. 

 

2. Google Bard

Selama hampir 25 tahun sejarahnya, Google telah dengan nyaman mengklaim pangsa mayoritas pasar mesin pencari. Namun untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, kekuasaan Google terancam oleh pesaing yang dilengkapi AI seperti Bing. 

Hal ini menjelaskan mengapa mereka buru-buru merilis Bard setelah ChatGPT mengumpulkan satu juta pengguna dalam lima hari pertama peluncurannya dan 100 juta dalam dua bulan pertama.

IoVufbv9cbpBUp2pw6imF_122BN-mY3dRUrNjZhMT_r3O5-LF-0de033jbz2-i1Sag3dWMaK1O9wF1NsR8FwYdrn_y64U_qZ_U475OVNauExcvGjHSYcs6BTZToq8MmHqJQ_SW7gA0PasuRAthdLwc8

| Tampilan Google Bard

 

Meskipun mungkin tidak secanggih beberapa alternatif lainnya, Bard memiliki keunggulan berupa database yang lebih luas dan dapat memberikan informasi terkini dan real-time yang mungkin tidak dimiliki oleh chatbot lain. (ChatGPT versi 4.0, misalnya, hanya dilatih pada data hingga tahun 2021, dan baru-baru ini ChatGPT berencana mengeluarkan ChatGPT versi 5.0).

 

Karena sebagian besar pendapatan Google berasal dari iklan, banyak yang mempertanyakan bagaimana hal ini akan berdampak pada Google, pemasar, dan bisnis yang mengandalkan pendapatan dari iklan berbayar. 

 

Evolusi SEO

Selama periode 2014 hingga 2018, voice search memperoleh popularitas yang signifikan. Statistik Google menunjukkan bahwa sebagian besar orang, termasuk remaja dan orang dewasa, menggunakan penelusuran suara setiap hari. Hal ini menimbulkan keyakinan luas bahwa penelusuran suara akan mendominasi industri ini, meninggalkan mereka yang tidak mengoptimalkannya. Namun, pakar SEO segera menemukan bahwa penelusuran suara sering kali mengandalkan cuplikan unggulan, yang telah lama menjadi fokus upaya pengoptimalan.

 

Memahami AI, Machine Learning, Deep Learning dan Generative AI

Untuk mengukur validitas klaim mengenai dampak ChatGPT dan alat AI serupa pada SEO, penting untuk memahami dasar-dasar AI, pembelajaran mesin (ML), dan pemrosesan bahasa alami (NLP). Meskipun istilah-istilah ini sering digunakan secara bergantian, istilah-istilah ini mewakili komponen kecerdasan buatan yang berbeda. AI berfungsi sebagai istilah umum yang mencakup mesin yang mensimulasikan kecerdasan manusia, sementara NLP dan ML beroperasi sebagai bagian dari AI. NLP memungkinkan mesin untuk memahami dan menghasilkan bahasa mirip manusia, memecah ucapan menjadi data terstruktur. Di sisi lain, ML melatih algoritme untuk membuat prediksi atau keputusan berdasarkan data, dengan pembelajaran mendalam menggunakan Artificial Neural Network untuk menguraikan pola dan hubungan yang kompleks.

UIJohSK86jo851bmluhuhiHs9jASNztGOl-Zr8FZHuxy_qqQXhQdGu5jOllY-sHO2aZbOI7P48KyFjjWeCljEfVjEzs1SRwq8plS4G2qnI95FqnTT1hWYV7ziwef561UKOHWp2dNbUP3WoE3iWXBz34

| Subset Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

 

Generative AI (Gen AI) merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan dan bagian dari Deep Learning (DL), berfokus pada pembuatan model yang mampu menghasilkan konten baru yang menyerupai data yang sudah ada. Model-model ini bertujuan untuk menghasilkan konten yang tidak dapat dibedakan dari apa yang mungkin dibuat oleh manusia. Gen AI bekerja dengan mempelajari pola dari data yang ada, kemudian menggunakan pengetahuan tersebut untuk menghasilkan konten baru yang serupa dengan data yang dipelajari.

 

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Gen AI dapat digunakan untuk SEO:

 

Pembuatan Konten

Gen AI dapat digunakan untuk membuat konten baru, seperti artikel blog, landing page, dan e-book. Konten yang dibuat dengan Gen AI dapat dioptimalkan untuk kata kunci dan frasa yang relevan, sehingga dapat meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian.

 

Riset Kata Kunci

Tidak perlu buang waktu mengidentifikasi kata kunci dan frasa yang relevan dengan target audiens. Gen AI dapat membantu para praktisi SEO membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi pengguna dengan melakukan riset kata kunci yang jitu.

 

Optimasi Teknis

Gen AI dapat digunakan untuk mengaudit situs web dan mengidentifikasi masalah teknis yang dapat memengaruhi SEO. Hal ini dapat membantu para praktisi SEO membuat situs web yang lebih ramah mesin pencari.

 

Analisis Data

Kecanggihan lain adalah dapat digunakan untuk menganalisis data SEO dan mengidentifikasi tren dan pola. Hal ini dapat membantu para praktisi SEO membuat keputusan yang lebih tepat untuk meningkatkan SEO.

 

Pentingnya Peran Manusia

Meskipun GAI memiliki potensi untuk merevolusi SEO, penting untuk diingat bahwa teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan. Para praktisi SEO harus terus mengikuti perkembangan GAI agar dapat memanfaatkannya secara optimal.

 

Alur Kerja SEO yang Didukung oleh Gen AI

 

Setelah mengetahui apa itu Gen AI, hal ini membawa potensi untuk merevolusi SEO dalam beberapa cara. Berikut beberapa keunggulan penerapan Gen AI dalam menghasilkan konten-konten yang berkualitas. 

  • Kualitas konten

Gen AI dapat digunakan untuk membuat konten yang lebih informatif, menarik, dan relevan dengan pengguna. Hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian.

  • Efisiensi

Hal lain yang dapat dilakukan adalah untuk mengotomatiskan tugas-tugas SEO yang memakan waktu, seperti riset kata kunci dan pembuatan konten. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga bagi para praktisi SEO.

  • Personalisasi

Dengan teknologinya, AI dapat digunakan untuk menyesuaikan konten dengan kebutuhan dan minat pengguna individual. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong konversi.





 

x05bcg1MBZasD0TTRjqq5vGeiCqToEFjttSibWnzkd6kPszQnVzoKvxoxovNjboz2uGhl7uqsFdONorKx2Jj3hSIkGbwun4oZWpM8GRRoltsTMOit4wFpMjaNWjPp1Ig5goaKtys8SUuA2ZQy9ErI8k

| Lansekap Gen AI untuk SEO. Sumber: https://wordlift.io/blog/en/generative-ai-for-seo/ 


 

A. Model “Text”

 

Di sinilah teknologi paling maju, dan penerapannya meningkat lebih cepat. Masing-masing model memiliki karakteristiknya masing-masing, namun secara umum, bergantung pada alur kerjanya. Berikut ini cara menggunakan model generatif yang berfungsi dengan teks.

 

1. Tautan Internal

Dalam SEO, tautan internal tetap menjadi aset berharga karena membantu mesin pencari memahami struktur situs web dan hubungan antara halaman yang berbeda. Mereka juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan cara bagi pengguna untuk bernavigasi di antara halaman-halaman yang berbeda. Berikut adalah postingan blog tentang mengotomatiskan tautan internal untuk situs mesin pencarian Google. 

cwyqmRm4GUmO_-1XT7TGMKd61TgC8guOfgI6o9mly2D-Li9ezHChEbf5VmA3SsoL3K6F5wJ_ZotocptA-JhVzJ04__hW-et5sNGTaMdQqb-L8_TL2U1RY3ShuRQYLEUCefWt__fTJMpCI5Z2teTeR94

| Pencarian di Google - Astra Digital

 

2. Pembuatan FAQ

Menambahkan konten dalam bentuk tanya jawab telah menjadi taktik hebat dalam SEO. Saat ini mesin pencarian seperti Google menjadi lebih komunikatif, pertanyaan dan jawaban yang ditandai dengan data terstruktur memberikan konten yang lebih relevan dalam berbagai konteks: mulai dari FAQ, People Also Ask, dan bahkan Google Asistent.

IyY9vseXJbX58Qwr5bSAGYhyAE51uPyP1cBtiZG_WKlPx2Y4xdkNoF1sFI1yzcqWju4OlFGd__0V6rAhGLWt1Jyfb5sv57LuvlY_abpBVDtAP9EFB2Kj8E2ghw1GYmGsG7ZtqzVAIh7mswmf8c-l5A8

| Contoh FAQ otomatis untuk - What is data scientist?

 

 

5gcjuH8FBZP2Ju9ydEAN73DZrFlEh766OdMTucyjH8pUooiNvZpsYQeb83Tnb0HV0z41hgVBnx9BKU9henQS_MqP_nJvn1R2mn1nV_LkuJoZDsK_hqjua5LojyWzJ5MOGQFcycCwnduV2i0jRWhNrHk

| Contoh People Also Ask otomatis untuk pencarian Astra Digital

 

 

_NuEAmPXiXegASJUcB1qxJvr86IlGaX6aPzzS7sxTsPeHImz02yFeiOWkkHaAEiadAZXy7uF96BsCxK8as8hstva8SZxJdsMVxJTJCdu11UpIe7WSY6mtA66PGPbWEXyeJaNoUBjw6uZMxG0yLspS5w

| Contoh Google Assistant otomatis untuk pencarian The Future of Artificial Intelligence

 

3. Deskripsi Produk

Penggunaan deskripsi produk yang dioptimalkan untuk mesin pencarian adalah kunci kesuksesan bisnis e-commerce. Deskripsi produk harus memberikan informasi yang lengkap tentang produk, termasuk spesifikasi, ukuran, bahan, dan fitur-fitur khusus. Dengan otomasi AI akan membantu penjual dalam menyediakan informasi lengkap bagi calon pembeli membuat keputusan yang lebih baik.

 

lQq6I86lJV59WAXQtznmfv-RES2n_I-RjT0O7WE8ZJbIOE4aSUInZZK2WXhKhubDHr_UgMRpoqNWvbwGEq9YLOAyWgdxnT770lVlZDJJC1y5uAgsDsE9lJdp5n4wo2ARPwAlO0JSMR26JUbr25QXkVY

| Deskripsi Produk Writesonic. Sumber: https://writesonic.com/tools/product-description-generator

 

4. Chatbot

Peningkatan penggunaan chatbot dan model bahasa berbasis GPT-4 (Language Model AI) telah menjadikan percakapan manusia dengan mesin semakin realistis dan relevan. Dalam era AI conversational yang semakin berkembang, chatbot dan LLM menjadi aset berharga dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, pemahaman akan keterbatasan mereka dan peran SEO yang cermat sangat penting untuk menciptakan pengalaman percakapan yang optimal. Dengan pendekatan yang benar, chatbot dapat memberikan nilai tambah kepada bisnis dan membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih efisien.


 

B. Model “Code”

Model ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap produktivitas banyak pengembang produk atau developer, seperti yang ditunjukkan oleh studi terbaru oleh GitHub. Pengembang merasa lebih puas ketika mereka menggunakan AI. 

 

1. Text to Regex

Salah satu kasus penggunaan yang sangat sederhana adalah mengonversi bahasa Inggris biasa ke regex untuk membantu memfilter data di Google Search Console. Melalui link ini Anda dapat mempelajari tips yang dibagikan untuk mengkonversi ke Regex di Google Sheets.

 

2. Text to Structured Data

Saya melatih model pertama beberapa tahun yang lalu menggunakan GPT dan saat ini menggunakan Codepilot segalanya menjadi lebih sederhana. Solusi ini sangat membantu untuk membuat sketsa JSON-LD yang ingin Anda dapatkan.

8rRb6HRArPAftIyUlICMPbPFBIZJpFKTlDvT7D9f3yc3fYGoWQxqoEuR3aV5PSl-GxOuV6FAuvbpVHg8kwVd39rJAk1bid7XTO5tc2YJJaWGh9_soVitmizVqP-IYVapNc1lOnEzreTqTQH3X4KG_PM

| Penggunaan Codepilot

 

C. Model “Image” 

Model Generative AI juga digunakan untuk menghasilkan gambar yang mana hal ini dapat merevolusi industri konten.

 

1. Meningkatkan Resolusi Gambar

Satu hal yang sangat sederhana untuk dilakukan, dalam konteks SEO, adalah menggunakan model AI untuk meningkatkan resolusi gambar yang terkait dengan postingan blog atau produk. Algoritma machine learning diprogram untuk mengenali pola, struktur, dan konten gambar, dan kemudian menghasilkan piksel tambahan yang sesuai. 

 

-FWyeUCgD2q5-vWM9xzUxNBHlt369Q9f5s5WZ4rVdH_HWQ-AQvbv1CLaZHK6Yin4K5Edebzp21oe79veWk5ot9sSDn2hVsHvJnF_pRbzywENziTJ_yws9aYC6ENZXXS57ZsG-NQyldYqjh1Kn7qn4Ng

2. Menghasilkan Gambar Baru 

Berinvestasi pada kualitas gambar untuk toko ritel biasanya merupakan kemenangan mudah bagi SEO. Teknologinya belum ada, tetapi ada beberapa startup menarik seperti vue.ai yang berfokus pada kasus penggunaan ini dan saya berharap kami akan menyiapkan sesuatu untuk klien kami dalam beberapa bulan. Biasanya Anda akan fokus pada:

  • Menghasilkan gambar dalam konteks berbeda (mengubah latar belakang, mengubah gaya)

Ukj2YjjU8_aOBrEe4pUeYU6j4kSV8Lsz5zaTZzB4mam3m8on-d_OCpMYrVFI50PjNsc4-063sfRt9aX0Xc6tkZ5zepYdvIhWnN6itqZv-u4O0C5i92BvLDiUUVnSoQKp_fRhkIsaJp-vojBByFJQvNg

  • Menghasilkan citra produk sesuai model

3CPjHps6gOoBfQsjFZW8yOnM36lPZu5STXGn8ByPaI2DFnFm9wypeJIFP6OWPsVDjB8yRXvVGCdwkL7yZs1S4eOXiBSctmms8oXgZxVh4wbkKxk3b9AOaENz8syOrf6YWnmtGuFJMMFzGpuJHXEIUqY

  • Membuat gambar dari berbagai sudut

l0tI7KRkPhjBaQ9vUSvjhf3-6h13x0Vb0uKk-W7X5Q8CT5yWSoF910t0EtYsE3wHGcX9Z9yPDNN_mheomWHFwi-yT6zuypo16Ia3iaQ1tVC3SJY3Adt4EWyQG8ec4rxFkUG3GouIsatf_v5xnZxABWk

 

D. Model “Video”

Kemajuan yang dicapai dalam bidang pembuatan text-to-image membuka jalan bagi pembuatan text-to-video. Sudah ada model di bidang ini oleh Microsoft, Meta dan baru-baru ini juga Google. Pembuatan video oleh Meta AI adalah eksperimen menarik yang menghadirkan kecanggihan di sektor ini.

5iOx1UCqJRfKyyjsluRB8SRK1mM-QYK6uBo3WyWTVBkflDZ-IGk5PbyroX9AoYXarhoqWgiOvou9b99_LfgG5Q87El6tcoFUqk07QMPgrUOGShA1RuT2Vq9HOWC5sjO5hX0S3l8-P0ZfNrOYpvAF374

 

E. Model “3D”

Google dan NVIDIA telah memperkenalkan model dasar untuk mengisi dunia virtual dan memperkaya pengalaman AR/VR. Contoh penting adalah GET3D yang dapat menghasilkan beragam bentuk dengan topologi dengan bebas, geometri berkualitas tinggi, dan tekstur. Area ini akan meluas seiring dengan meningkatnya hasil 3D di Google. Google memperkenalkan dukungan untuk model pertunjukan 3D. Direktur senior produk Google, belanja Lilian Rincon, juga telah mengonfirmasi bahwa Google secara aktif mengerjakan teknologi untuk memfasilitasi pembuatan model 3D dengan lebih mudah.

Akc1EQrE-KyXqHKJyHRVP0zZvTOkRMfkAB7m-U1_xQJu5a8wG05Stx97jzRGwuncybsc1ehaUkkPvUR4tga-IxoTcGOK5BXEOBoG3SBxf3sIG-NHPEbP5OF1fj8-iD90F-6B3GjayBsF4cttwqBQdDk

| Pemanfaatan AI untuk 3D Produk Katalog




 

Sumber : 

https://www.reuters.com/technology/chatgpt-sets-record-fastest-growing-user-base-analyst-note-2023-02-01/

https://unbounce.com/marketing-ai/ai-impact-on-search-engines-and-organic-traffic/

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.