Digitalisasi Dunia

Kecerdasan Buatan dan Perannya Dalam Foto 360 Berkualitas

Astra Digital Assets AD· 21 Desember 2023
Astra Digital Assets

Mungkin banyak dari kamu yang telah mengetahui peran Kecerdasan Buatan alias Artificial Intelligence di dalam industri kreatif. AI dapat berperan menciptakan gambar, foto, video hingga mengedit konten-konten tersebut. Bahkan, dengan kecanggihannya saat ini pembuatan foto 360 dapat menjadi lebih efisien dan berkualitas dengan sentuhan AI. 

 

Untuk yang belum tahu, foto 360 adalah foto yang menangkap pemandangan dari segala arah. Foto ini dibuat dengan mengambil beberapa foto dari sudut yang berbeda, kemudian digabungkan menjadi satu gambar. Foto 360 dapat dilihat dari berbagai sudut, sehingga pengguna dapat merasakan seolah-olah berada di satu tempat dengan objek yang difoto.

 

Apa saja peran signifikan AI dalam proses foto 360?

 

GM1VJeEYvmgGfHOSLC2hOW0a1xUodse0EPbNYjZNWnEY065nHmnVVfCwCGIluB31tYh_Jn8-8ndiPgByVyTLlGlEkWWH3fWku00gvVtd5jA8ppPDpFBk-jz97wIl19Hj8-aidWpkVBVO7SIaMdepPX0

 

Pemrosesan gambar

AI dapat digunakan untuk memproses gambar 360 untuk meningkatkan kualitasnya. Misalnya, AI dapat digunakan untuk menghilangkan noise, memperbaiki distorsi, dan meningkatkan ketajaman.

 

Pemetaan panorama

AI dapat digunakan untuk membuat panorama dari beberapa foto 360. Proses ini dikenal sebagai pemetaan panorama. AI dapat membantu membuat panorama yang lebih akurat dan halus.

 

Stabilisasi gambar

AI dapat digunakan untuk menstabilkan gambar 360. Proses ini dapat membantu mengurangi goyangan dan membuat gambar lebih nyaman untuk dilihat. 

 

Salah satu contoh nyata dilakukan oleh perusahaan raksasa teknologi, Google. Dalam project Street View telah menggunakan AI untuk memproses gambar 360 yang diambil oleh mobil Street View. 

 

AI membantu menghilangkan noise, memperbaiki distorsi, dan meningkatkan ketajaman gambar. Kemudian Meta Quest 2 menggunakan AI untuk memproses gambar 360 yang ditampilkan di headset. AI membantu membuat gambar 360 lebih imersif dan realistis. 

 

Foto 360 Produk Toyota Astra Motor

 

X08TuiuNCYXxV4FtS_cuwkjfKvfptJNcxOF6_mR_1UvInfibKxznmhFVcy4D82KnGSOPvWLfozQUE6mf0uXVeckDfSCvdMjFxr3SQtCNackZHpFSau8ueR7BU7-52sVv1RKhJ7c0Q8TLoUHDqiDZclM

 

Saat ini, penggunaan AI juga akan diterapkan dalam pembuatan foto-foto 360 di website Toyota Astra Motor. Dengan penerapannya, kualitas foto menjadi lebih tajam serta rendering lebih halus.

 

Tidak hanya itu, penerapan teknologi AI juga terbukti dapat menghemat biaya produksi hingga 60%. 

 

Dengan hal ini, sudah sewajarnya teknologi AI akan semakin luas dipergunakan khususnya dalam produksi foto 360. Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi bukan tidak mungkin dalam waktu dekat maka AI akan dapat melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks dan menghasilkan foto serta video 360 yang lebih berkualitas tinggi.


 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.