Digitalisasi Dunia

Lebih Dekat dengan Waymo, Mobil Taksi Tanpa Sopir Pertama di Dunia

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 19 Januari 2024
Astra Digital Assets

Waymo Autonomous Car adalah mobil tanpa pengemudi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Waymo, anak perusahaan dari Alphabet Inc.

 

Kendaraan Waymo Autonomous Car menggunakan kombinasi sensor, kamera, GPS, dan algoritma canggih untuk menganalisis lingkungan sekitar dan membuat keputusan waktu nyata.

 

CKXlCJp6UtBLYNulwn49DRCKwotCoyuk4CnZIiJI44WJM2jNZkvvbdTdN_gHXj8MO6d8mwG5URzf7H4NGRgN8lrcfozlebujXqZLiCZpgBWkITO9B_VjvOhN0MuLAmn2cRwAbAm8iBjgYVuSO5aUd5Q

 

Berikut adalah beberapa fitur utama Waymo Autonomous Car:

 

  1. Sensor: Kendaraan ini dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk kamera, radar, dan lidar. Kamera digunakan untuk melihat lingkungan di sekitar mobil, radar digunakan untuk mendeteksi objek di jarak jauh, dan lidar digunakan untuk membuat peta 3D dari lingkungan sekitar.
  2. Algoritma: Operasinya menggunakan algoritma canggih untuk menganalisis data dari sensor-sensornya. Algoritme ini digunakan untuk menentukan posisi dan kecepatan mobil, serta untuk mengidentifikasi objek di sekitar mobil.
  3. Pengemudi cadangan: Waymo Autonomous Car memiliki pengemudi cadangan yang siap mengambil alih kendali jika diperlukan. Pengemudi cadangan biasanya berada di kursi belakang mobil.

 

Waymo Autonomous Car telah diuji di jalan umum di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Waymo telah mengoperasikan layanan taksi tanpa pengemudi di Phoenix, Arizona, sejak 2020.

 

Waymo Autonomous Car memiliki potensi untuk mengubah cara kita bepergian. Kendaraan ini dapat membuat transportasi lebih aman, efisien, dan mudah diakses.

 

Waymo Autonomous Car ini memiliki berbagai potensi manfaat:

 

  • Keamanan: Waymo Autonomous Car dapat mengurangi kecelakaan karena tidak terpengaruh oleh kelelahan, kesalahan manusia, atau faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.
  • Efisiensi: Waymo Autonomous Car dapat menempuh jarak yang lebih jauh dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.
  • Aksesibilitas: Waymo Autonomous Car dapat memberikan akses transportasi yang lebih mudah bagi orang-orang dengan keterbatasan fisik atau mobilitas.

 

Perkembangan Mobil Masa Depan

 

Saat ini, beberapa perusahaan telah mengembangkan dan menguji mobil otonom di dunia. Beberapa perusahaan tersebut antara lain:

 

  • Tesla
  • Waymo
  • General Motors
  • Ford
  • Uber

 

Mobil otonom ini telah diuji di jalan umum di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Cina. Beberapa perusahaan telah mengoperasikan layanan taksi tanpa pengemudi di beberapa kota, seperti Phoenix, Arizona, dan Pittsburgh, Pennsylvania.

 

Meski mobil otonom masih dalam pengembangan, mereka memiliki potensi untuk mengubah cara kita bepergian, membuat transportasi lebih aman, efisien, dan mudah diakses. Kehadiran mobil tanpa pengemudi ini memang masih memerlukan penelitian dan pengujian yang cukup panjang. Namun, seiring kemajuan zaman, mobil otonom memiliki potensi untuk menjadi teknologi yang mengubah dunia. Bagaimana dengan Indonesia, ya?

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.