Digitalisasi Dunia

Makin Mini dan Canggih: Smart Ring dan Perkembangan Wearable Health Tech

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 27 Februari 2024
Astra Digital Assets

Era smart watch, atau jam tangan pintar untuk melacak aktivitas fisik, tanda-tanda kesehatan, maupun mendapatkan notifikasi dari smartphone, diprediksi akan segera berakhir.

 

Sekarang, kita diperkenalkan dengan Smart Ring, alat dengan fungsi dan teknologi yang sama, tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil, yaitu sebesar cincin yang melingkar di jari kita. Smart Ring diprediksi akan menjadi primadona baru di dunia wearable health tech, karena lebih kecil dan ringkas, dengan teknologi yang tidak kalah hebat.

 

Beberapa merek smart ring pun mulai bermunculan, seperti Oura, RingConn, Amovan, atau Ultrahuman.

 

ctzEqEWaX3hbgFnTMVDZR3N0D66BNrNh0tGKQwwIPdBNBQDEnmWkAfqD2occaQp6yYhabFuCbmXVwCZ0ay67BtzEQy3pMsDqVm0aN8ybsAwTg67HM21XckqjzWaKbivcbfmvDp7vRO0pllDTLDhowHs

 

Sama seperti smart watch, smart ring juga dilengkapi dengan berbagai sensor untuk membaca tanda biometrik dalam tubuh kita, seperti denyut nadi, kadar oksigen, hingga jumlah langkah yang kita tempuh. Tergantung mereknya, tapi secara umum kita bisa menemukan sensor-sensor berikut dalam sebuah smart ring:

 

  • Sensor Photoplethysmography (PPG): sensor ini memancarkan sinar LED ke kulit, dan fotodetektor di dalamnya menganalisa aliran dan volume darah, serta perubahan dalam detak jantung.

  • Sensor Accelerometer: sensor ini merekam pergerakan tubuh, termasuk langkah kaki, jarak yang ditempuh, dan kalori yang terbakar.

  • Sensor Gyroscope: sensor ini bekerja dengan akselerometer untuk menganalisa orientasi tubuh dan mendeteksi gerakan dengan tepat.

  • Sensor Electrodermal Activity (EDA): sensor ini memonitor produksi keringat di jari, untuk menentukan tingkat stress dan kondisi emosional penggunanya.

  • Sensor Peripheral Oxygen Saturation (SpO2): sensor ini mengukur jumlah oksigen dalam darah.

  • Sensor NTC thermistor: sensor ini melacak perubahan suhu tubuh.

 

Apa yang dapat dilakukan smart ring?

Selain mengukur aktivitas tubuh dan kondisi kesehatan, berikut beberapa contoh lain dari apa yang dapat dilakukan dengan smart ring:

 

  • Pembayaran tanpa kontak: pengguna dapat menghubungkan cincin dengan akun bank atau kartu.¬†

  • Kontrol rumah pintar: Smart ring dapat digunakan sebagai kunci untuk membuka pintu, menyesuaikan suhu ruangan, dan mematikan lampu dengan gerakan tangan cepat.

  • Menerima notifikasi: Smart ring bergetar saat ada panggilan atau pesan masuk.¬†

  • Keamanan seluler: Smart ring dapat digunakan sebagai perangkat tambahan untuk verifikasi PIN atau kata sandi.

  • Pemutaran musik: Smart ring dapat memutar lagu yang terkoneksi dengan smartphone pengguna.

 

Perkembangan wearable health tech

 

HD9IdeTcso1Q847MQ1T1WuUKOEEYwIK6MFRVuiyINx_2k3NYnp7XxbBxdWj8D9UL_RedvzrIEin4NO8WLvxXGh15kcdWzUVOew5O2idwQIPEhftS_aBNwnn9F5PyNzE0FqcAeLltzMJz62scxQTrpXE

 

Teknologi kesehatan yang dapat dipakai (wearable health tech) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari pedometer sederhana yang menghitung langkah kaki, kini wearable health tech telah menjadi perangkat canggih yang mampu memantau berbagai aspek kesehatan penggunanya.

 

Kecanggihan teknologi ini bahkan terus dikembangkan dengan memperluas kinerja sensor dan sistem pendukung lain. Berikut beberapa hal yang membuat perkembangan wearable health tech semakin pesat.

 

  1. Sensor yang lebih kecil, lebih akurat, dan lebih hemat energi telah memungkinkan perangkat wearable health tech untuk memantau lebih banyak data kesehatan dengan lebih presisi.

  2. Wearable health tech kini dapat melacak berbagai data kesehatan, termasuk detak jantung, kadar oksigen darah (SpO2), tekanan darah, suhu tubuh, kualitas tidur, tingkat stres, dan bahkan kadar glukosa darah.

  3. Algoritma AI dan machine learning memungkinkan wearable health tech untuk menganalisis data kesehatan dengan lebih cerdas dan memberikan wawasan yang lebih personal kepada pengguna.

  4. Wearable health tech kini dapat terhubung dengan layanan kesehatan dan memungkinkan dokter untuk memantau kesehatan pasien dari jarak jauh.

  5. Perangkat yang lebih stylish dan fungsional. Wearable health tech kini hadir dalam berbagai desain yang stylish dan fungsional, membuatnya lebih menarik bagi pengguna.

 

Perkembangan teknologi ini sekarang mulai diterapkan ke beberapa produk, misalnya pakaian, sepatu hingga ikat kepala. Wearable health tech telah menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. 

 

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, wearable health tech diprediksi akan memainkan peran yang semakin penting dalam masa depan kesehatan. Kalau kamu, apa sudah pernah mencoba teknologi ini sebelumnya?

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.