Digitalisasi Dunia

Masa Depan Game di Era Kecerdasan Buatan, Akankah Mengubahnya Menjadi Lebih Menyenangkan?

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 20 November 2023
Astra Digital Assets

Industri permainan (games) telah mengalami perkembangan luar biasa sepanjang masa, menciptakan dunia yang lebih interaktif, imersif, dan inovatif. 

 

Sejak era awalnya di tahun 1950-an, ketika permainan sederhana seperti Spacewar muncul, hingga zaman konsol klasik seperti Atari dan Nintendo, industri games telah menjadi panggung inovasi yang tak terbatas bagi para penikmatnya. Perkembangan teknologi seperti grafis 3D, CD-ROM, dan konektivitas internet pada akhir 1990-an turut membuka jalan bagi pengalaman bermain yang lebih kompleks dan terhubung. Selain itu, era konsol generasi berikutnya dan munculnya mobile gaming pada 2010-an menjadikan video game lebih dapat diakses oleh berbagai kalangan.

 

JkUmBXBmhxmoBNiD-1ZcIIlIYDFNi8Z4T3uZsyMOIZKgSrYZ6Ia0dqAVp58HhYiDs4Vz4GzAdqG47yT_NA-dIeRGixyU2K1vgIYcGmLsUD1_qUkCcRMa-Bv0uW81cEP4Frj6-5xpO_vM-CTtORIBRNk

 

Pentingnya peran Kecerdasan Buatan (AI) dalam industri ini semakin terasa. Sejak dulu, AI telah terlibat dalam membentuk karakter dan mengatur alur cerita dalam permainan, seperti yang terlihat pada game klasik seperti Pacman dan The Sims. Namun, dengan pesatnya kemajuan dalam Generative AI, seperti yang terlihat pada platform seperti ChatGPT dan Google Bard, industri games kini memasuki era baru. 

 

Penggunaan AI tidak hanya menciptakan konten yang lebih unik dan karakter otonom yang beragam, tetapi juga mempercepat dan memperkaya pengembangan alur cerita game. Inovasi ini membawa video game ke dimensi baru, menjadikan pengalaman bermain semakin dinamis, cerdas, dan sesuai dengan ekspektasi pemain modern.

 

Lantas, bagaimana peran “Kecerdasan Buatan (AI)” dalam perkembangan videogame era sekarang?

 

Peranan AI

 

1. Penciptaan Karakter yang lebih natural

 

_1D8BL_gEXh1Hsez5MHf0z1eJZCYpd65c0FkhKJVHOOHHDmeVZrl99owRDPc11TiITvQWDYa3Xw7obhconbtgse3UhznSlN2pwp7Cmv0I2YNQkE2m3Zh1P56OO6afkZKsstCZl9Mm3Ho2Lmjy833f1A

| Animasi speech-to-gesture Perusahaan Ubisoft dapat membuat NPC bertindak dan bereaksi dengan cara yang lebih alami

 

Generative AI telah membawa transformasi signifikan dalam industri video game, terutama dalam pengembangan karakter non-playable (NPC). Karakter-karakter ini seringkali terlihat kaku dan tidak alami dalam perilaku dan bicara mereka. 

 

Sebagai respons terhadap permasalahan ini, La Forge, unit penelitian dan pengembangan milik Ubisoft di China, memperkenalkan Ghostwriter, sebuah alat AI penghasil teks untuk menciptakan variasi dialog yang lebih alami pada NPC. Mereka juga sedang menguji teknologi baru yang dapat meningkatkan gerakan NPC agar lebih realistis sesuai dengan nada dan suasana hati pemainnya. 

 

jhMIYI5nbLB2kX9ROiA9n0qlR0_wuTzyMolREiCFt_-JZCBulS_peAzlJdu4jhkloxF4JR2xJjQREMMCp0yHGl2JbiJPlm3T6qfaSpftSj3R3eeJJ3P2AG1x3_9ysa8DrjXyQG-ja_D1wwdeiJFAySc

| Launching Ghostwriter pada Maret 2023


 

Pengembang game lain, seperti NetEase dari Tiongkok, telah menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan dialog NPC yang lebih realistis dalam game mobile mereka. 

 

J4cKVdz6Rg_FDjyjrYDx2kXM_8lTzPVOyCXaGiWi699MHb7Yb2va3LP4DZuF6mWhVfvGCyRgU3wKwd2lmI1wMVOlcfIKtGvpUk69uKazcNGmQHq13J39d8FNb2rCbV0QCKUgQo4KsNniznJU01X_nLE

| Percakapan NPC menggunakan ChatGPT oleh NetEase


 

Selain itu, Replica Studios telah memperkenalkan "AI-powered smart NPCs", memungkinkan pengembang menggunakan AI untuk membaca dialog NPC tanpa perlu menggandeng aktor suara manusia. Inovasi ini membawa harapan untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih dinamis dan mendalam.

 

i6EbDIs0glmTGXfJGni6UcY6HHSQFPY572gYIGfogRD9FEpOcoX4AGpzZoxD5nvtqxT5Vf4pxEhoCkMJ-5tpUNkb5PH7k41c9ozSkyK1tsz81wt9vFdw_k_Ho-GFHYoBUM-tVr4QItCpoS6qbNT22G0

| Percakapan NPC berbasis AI oleh Replica Studio




 

2. Permainan yang lebih luas dan terbuka

 

fZdmzo4_uo0BGmkXXQ2SFQ_oCm3yNPklNX0UxZFGkfWVcognH0NVyywE_CDGNeF_FjjqAklcX6KnIr78G5XYC7VowJWe_qYVsZZAFHocMv31BeytnW1O1OqiZBV_u0xY5xDAcURTUlVSCxm1EY6STyg

 

Permainan dengan genre Open World atau game yang memungkinkan pemain untuk mengeksplor seluruh aspek permainan dengan dinamis, seperti "Grand Theft Auto," dan "Skyrim," telah melakukan pendekatan gameplay dengan pencarian dan cerita non-linear. Hal ini memberikan peluang bagi Generative AI untuk membentuk kembali pengalaman bermain game yang lebih seru. 

 

Generative AI dapat memungkinkan cerita interaktif tanpa batas yang dipersonalisasi untuk setiap pemain. Memberikan pemain akses ke alat-alat generative AI bisa memungkinkan mereka memainkan peran yang lebih sentral dalam cerita, meningkatkan keterlibatan dan mengundang pemain untuk mendukung permintaan tak berujung akan konten. 


 

3. Produksi yang lebih efisien

 

p35bX0uBRLM1VHcpxwXkCGDJTALhjdAXlONFqZsgqnkdCovLrH_ouM8-E4oY8B5vQBLThV4TDabN5tI9-ykxtg0FvVFxwS9Wivw4ILTMjXUDt1awO0ifAuPxj7hXP12RYvfqxpEpq50i5ImhScSce14

| “No Man’s Sky” menggunakan konten hasil Generative AI untuk menciptakan dunia yang tak terbatas


 

Pengembangan Generative AI dapat meningkatkan kualitas dan membawa game ke pasar lebih cepat. Generative AI juga akan membantu mewujudkan pengalaman yang lebih besar, lebih imersif, dan lebih personal. 

 

Penerapan teknologi ini dapat mengubah lanskap industri game dan memberikan peluang lebih besar bagi inovasi dan produksi yang lebih efisien.

 

Pengembangan AI Jangka Panjang

 

Pengembangan Generative AI dalam industri games memiliki tantangan jangka panjang yang akan terjadi. Kompleksitas seputar hak dan kepemilikan konten yang diciptakan akan signifikan, dan industri video game kemungkinan akan menghadapi tantangan yang sama dengan industri media dan hiburan secara umum.

 

Generative AI dapat berpotensi menjadi subjek yang kontroversial, dan setiap implementasi harus diperlakukan dengan hati-hati. Model talenta akan mendapatkan manfaat dengan membebaskan kreatif dari tugas yang membutuhkan banyak tenaga, seperti menulis kode konten untuk game

 

Penutup

 

Masa depan game di era kecerdasan buatan menjanjikan transformasi luar biasa. Dengan inovasi gameplay yang lebih dinamis, cerita yang merespons, dan keterlibatan yang lebih pintar, para pemain akan merasakan pengalaman bermain yang lebih mendalam dan personal. Dari perspektif bisnis, belajar dari cara kecerdasan buatan diintegrasikan dalam game dapat membantu perusahaan, seperti Astra, untuk tetap relevan dan adaptif dalam menghadapi perubahan teknologi yang tak terelakkan.

 

Dengan keberanian untuk berinovasi, Astra dapat merespon perubahan bisnis dengan ketangguhan. Integrasi teknologi kecerdasan buatan dalam operasional dapat mengoptimalkan efisiensi dan memberikan respons yang lebih cepat, menciptakan fondasi yang kuat untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang terus berubah.



Sumber :
https://edition.cnn.com/world/generative-ai-video-games-spc-intl-hnk/index.html

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.