Digitalisasi Dunia

Mudah Ciptakan Aplikasi Sendiri dengan Platform Low Code No Code

Astra Digital Assets Astra Digital 2· 19 Januari 2024
Astra Digital Assets

Maraknya penerapan Kecerdasan Buatan (AI) di berbagai sektor menimbulkan ketergantungan yang besar terhadap programmer/developer AI. Namun, kurangnya jumlah developer dan programmer yang berkualitas membuat transisi adopsi dan pengembangan AI terhambat.

 

Dari sini muncul sebuah terobosan baru yang merupakan platform bernama Low Code No Code. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan aplikasi AI dengan sedikit atau tanpa pengetahuan pengkodean sama sekali.

 

Platform Low Code No Code telah menjadi tren yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Platform ini menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis mengembangkan aplikasi dengan cepat, efisien, dan terjangkau.

 

Pengenalan Singkat

 

Low code no code platform adalah jenis platform pengembangan perangkat lunak (software) yang memungkinkan pembuatan aplikasi dengan sedikit atau tanpa pengkodean manual sama sekali. Platform ini biasanya memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) dan fungsionalitas drag-and-drop yang memudahkan pengguna untuk membuat aplikasi tanpa perlu memahami bahasa pemrograman.

 

Low code no code platform menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

 

  • Meningkatkan Produktivitas: Platform low code no code dapat membantu pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi lebih cepat dan efisien.
  • Meningkatkan Aksesibilitas: Platform low code no code memungkinkan siapa saja untuk membuat aplikasi, bahkan tanpa pengetahuan pemrograman.
  • Meningkatkan Skalabilitas: Platform low code no code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang kompleks dan dapat diskala untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berubah.

 

Platform ini dikategorikan dalam dua jenis:

 

  1. Low code platform: Platform low code memungkinkan pengguna untuk menulis kode, tetapi hanya dalam jumlah yang terbatas. Platform ini biasanya menawarkan sejumlah komponen dan fungsionalitas yang dapat digunakan pengguna untuk membangun aplikasi tanpa perlu menulis kode dari awal.
  2. No code platform: Platform no code tidak memerlukan pengguna untuk menulis kode sama sekali. Platform ini menggunakan antarmuka pengguna grafis dan konfigurasi untuk memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi.

 

Apa saja yang bisa dibuat?

 

8TW9h0yvip45M--vL5WDVsl80bd2olab0vE1pTwkVy_KrBMiNADjyA8UX4NldidTDdGOaoDuc4UEDnyL8qDEMru4IxYPMk6B-BNxR5dmYubG_iwyRgUaFojG9O7K0g1WlgF5lpjOVpTfit2LLvBs-C8

 

Platform low code no code dapat digunakan untuk berbagai jenis aplikasi, termasuk:

 

  • Aplikasi Bisnis: Platform low code no code dapat digunakan untuk membuat aplikasi bisnis, seperti aplikasi manajemen pelanggan (CRM), aplikasi manajemen rantai pasokan (SCM), dan aplikasi manajemen sumber daya manusia (HRM).
  • Aplikasi Seluler: Platform low code no code dapat digunakan untuk membuat aplikasi seluler, seperti aplikasi e-commerce, aplikasi game, dan aplikasi media sosial.
  • Aplikasi Web: Platform low code no code dapat digunakan untuk membuat aplikasi web, seperti situs web e-commerce, situs web berita, dan situs web media sosial.

 

Masa depan platform Low Code No Code diperkirakan akan cerah. Platform ini menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis mengembangkan aplikasi dengan cepat, efisien, dan terjangkau.

 

HUBUNGI KAMI

Ada pertanyaan?
Kami terbuka untuk berdiskusi dan melihat bagaimana kami bisa membantu Anda mewujudkan ide-ide yang ada.