Astra Digital C-Level Masterclass
Astra Digital Masterclass adalah seminar triwulanan untuk para pemimpin senior di Grup Astra yang mengundang pembicara dari perusahaan terkemuka untuk berbagi keahlian dan pengalaman tentang topik digital & inovasi strategis.
Sejak tahun 2021, Astra Digital Masterclass telah dilaksanakan sebanyak lima kali dengan topik Digital Venture Building, Digital Talent Strategy, Data-Driven Business Strategy, Artificial Intelligence for Business Growth, CRM 101 Tren & Strategi untuk Mendorong Pertumbuhan Pelanggan.
Astra Digital Academy
Astra Digital Academy merupakan program pelatihan internal Astra yang berfokus pada membangun kapabilitas inti digital melalui topik analitik data, pengembangan produk, dan pemasaran digital.
1. Pelatihan Digital
Astra Digital Academy adalah program pelatihan internal Astra yang berfokus pada membangun kapabilitas inti digital.
2. Program Sertifikasi
Pelatihan khusus kualifikasi digital bagi karyawan Astra untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui oleh Grup Astra. Melalui program sertifikasi, Academy & Technology dapat menetapkan standar kualifikasi digital di Grup Astra.
3. Bootcamp
Pelatihan intensif 3-6 bulan untuk Ilmuwan Data dan Insinyur Data.
4. Masterclass
Seminar triwulanan untuk para pemimpin senior di Astra untuk membahas topik digital & inovasi strategis.
DigiTalk Sesi diskusi bulanan yang mengundang pembicara eksternal dan pakar materi pelajaran untuk berbagi pengetahuan dan wawasan tentang segala hal yang bersifat digital. Mulai dari tren digital, bisnis digital, pemasaran digital, pengembangan produk, hingga analitik data, dengan harapan dapat menambah perspektif baru dan menciptakan inspirasi bagi karyawan Grup Astra dan masyarakat umum.
Astranauts
Astranauts yang merupakan kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa dari Astra.
Astra menginisiasi Astranauts untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia, sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu sustainability saat ini dan di masa depan.
Immersion Day Immersion Day bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital, keterampilan, dan pengetahuan karyawan di seluruh Grup Astra dengan memfasilitasi kunjungan perusahaan dan berbagi pengetahuan dari perusahaan-perusahaan di garis depan industri teknologi.
Innovation Lab Inisiatif Astra untuk mengakselerasi inovasi dan digitalisasi di Grup Astra melalui pemberdayaan startup. Astra Innovation Lab menyediakan program akselerasi intensif selama 12 minggu untuk mendukung startup tahap awal dalam mengembangkan produknya.
IKEA
IKEA, perusahaan Swedia yang terkenal dengan furnitur modern dan terjangkau dengan hampir 300 toko di seluruh dunia. IKEA adalah bagian dari The Dairy Farm, salah satu anak perusahaan Jardine Matheson Holdings Limited yang mengoperasikan toko furnitur IKEA di Hong Kong, Indonesia, dan Taiwan.
Astra Data Intelligence mendukung IKEA untuk menentukan harga produk di area tertentu untuk meningkatkan penjualan, memberikan referensi bagi tim bisnis dalam menentukan lokasi toko baru atau pusat pengalaman melalui Sales Planning Tools.
Auto2000
Auto2000 atau Toyota Sales Operation adalah jaringan layanan penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales. Pada tahun 1989, mereka berganti nama menjadi Auto2000 dengan pengelolaan sepenuhnya ditangani oleh Astra. Saat ini, Auto2000 merupakan peritel Toyota terbesar di Indonesia dengan penguasaan sekitar 45 persen dari total penjualan Toyota.
Tim Intelijen Data kami menggunakan pendekatan analitik untuk menentukan pola profil prospek dan prioritas skor untuk meningkatkan tindak lanjut beserta persona prospek berdasarkan data perilaku yang ditelusuri.
Astra Isuzu
PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation atau biasa dikenal dengan Astra Isuzu merupakan jaringan penjualan, perawatan, dan perbaikan serta penyediaan suku cadang untuk produk Isuzu yang berdiri sejak tahun 1990. Saat ini Astra Isuzu merupakan yang terbesar Dealer Isuzu di Indonesia yang menguasai sekitar 45 persen dari total penjualan Isuzu. Dalam kegiatan usahanya, Astra Isuzu bekerjasama dengan PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang merupakan agen tunggal pemegang merek Isuzu atau ATPM.
Sebagai jasa reparasi kendaraan Isuzu, mereka perlu memprediksi siapa saja calon pelanggan churn. Dukungan tim Astra Data Intelligence dengan memanfaatkan transaksi layanan historis yang ada dan mengembangkan pembelajaran mesin. Oleh karena itu, Astra Isuzu mampu melakukan pendekatan inisiatif dengan membuat strategi kampanye dan membidik segmen.
Movic
Movic adalah platform digital berupa aplikasi mobile yang memberikan kemudahan untuk segala kebutuhan transportasi pelanggan. Mulai dari sewa mobil, sewa mobil dengan supir, antar jemput bandara, sewa mobil instan per 1 jam, hingga booking bus & tiket travel, semua bisa dilakukan dengan Movic.
Sejak tahun 2018, Movic hadir sebagai solusi kebutuhan mobilitas transportasi di Indonesia dan kini telah menjangkau 60 kota di Indonesia.
Tim Intelijen Data Astra mengambil bagian dalam perjalanan mereka dengan mendukung pemantauan kinerja bisnis dan metrik penting lainnya secara realtime sambil mengaktifkan pelaporan otomatis.
Astra Motor
Astra Motor - PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation, merupakan salah satu Corporate Operation PT Astra International Tbk. yang bergerak di bidang distribusi dan penjualan retail kendaraan roda dua Honda. Hingga saat ini Astra Motor telah mencapai 171 Kantor Penjualan dengan Jaringan H123 sebanyak 154 Kantor Penjualan.
Dengan jaringan yang luas, tentunya Astra Motor membutuhkan prioritas dalam mendekati pelanggan guna meningkatkan penjualan dan pelayanan. Data Intelligence hadir untuk membantu mengembangkan segmentasi pelanggan berdasarkan siklus hidup dan nilai mereka, juga memungkinkan pendekatan prioritas dan personalisasi kepada pelanggan.
Astra Property
Astra memasuki sektor properti pada tahun 2013 dan memperkuat rantai nilai bisnis Grup Astra. Tiga tahun kemudian, Astra mendirikan Divisi Properti di PT Astra International Tbk.
Kami membantu tim Astra Property untuk mengidentifikasi kesehatan merek di pasar properti dan perilaku pelanggan dalam proses keputusan pembelian properti dengan melakukan riset pasar.
Astra Infra
Jalan Tol Astra Infra telah menjadi bagian dari AstraInfra yang telah berpengalaman lebih dari 28 tahun sebagai investor-operator di sektor infrastruktur Indonesia. Mencerminkan pengembangan berkelanjutan dari portofolio bisnisnya.
Astra Infra terdiri dari PT Astra Tol Nusantara sebagai induk usaha jalan tol dan PT Astra Nusa Perdana sebagai induk usaha Infrastruktur Logistik. Kami mendukung mereka dalam meningkatkan layanan dan kinerja mereka dengan memanfaatkan dasbor untuk pemantauan.
Seva
SEVA adalah platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai pilihan paket pembelian produk berkualitas untuk Astra Financial.
Seluruh produk yang SEVA hadirkan ditujukan untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk dapat membeli mobil dengan nyaman secara finansial dan praktis melalui layanan online.
Astra Digital membantu SEVA dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Astra Otoshop
Astra Otoshop berada di bawah naungan PT Ardendi Jaya Sentosa, salah satu anak perusahaan PT Astra Otoparts yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi suku cadang kendaraan roda dua dan roda empat di Indonesia untuk pasar pembuatan dan penggantian otomotif pasar suku cadang.
Astra Digital membantu Astra Otoshop dalam hal pengembangan brand campaign, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Mobbi
Mobbi merupakan platform jual beli mobil bekas yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukung yang dapat dinikmati konsumen. Layanan yang ditawarkan mobbi antara lain inspeksi mobil, perkiraan penawaran harga mobil bekas, pengajuan pembelian secara kredit dari lembaga keuangan, dan asuransi yang terintegrasi dalam ekosistem Grup Astra.
Astra Digital membantu mo88i dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Astra Property
Astra Property adalah bisnis pengembangan, pengelolaan, dan investasi properti dengan portofolio terdiversifikasi yang terintegrasi. Astra Property memiliki proyek diversifikasi yang meliputi International Grade A Office Tower dengan sertifikasi Greenmark Platinum yang merupakan sertifikasi tertinggi dalam kategori green building, apartemen dengan konsep premium dan mewah, rumah hunian dengan konsep hunian di tepi danau dan jasa manajemen properti yang mengutamakan keunggulan operasional dan pelayanan.
Astra Digital membantu Astra Property dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Auto2000 Customer Journey Workshop
Auto2000 along with Astra Digital strive to identify potential digital initiatives to strengthen Auto2000 Omnichannel strategy by considering internal, external pain points and trend in the industry. The result of the workshops are 3 prioritized ideas that is agreed by the management to be executed by Auto2000.
The result of the workshops are 3 prioritized ideas that is agreed by the management to be executed by Astra Motor. To answer the objectives, Astra Digital has conducted 3 main activities. Start from Pre-Workshop, Workshop, and Synthesis Project.
Astra Motor Customer Journey Workshop
Astra Motor bersama Astra Digital berupaya mengidentifikasi potensi inisiatif digital untuk memperkuat strategi Omnichannel Astra Motor dengan mempertimbangkan internal, eksternal pain point dan tren di industri. Hasil dari workshop tersebut adalah 3 ide prioritas yang disepakati manajemen untuk dieksekusi oleh Astra Motor.
Hasil dari workshop tersebut adalah 3 ide prioritas yang disepakati manajemen untuk dieksekusi oleh Astra Motor. Untuk menjawab tujuan tersebut, Astra Digital telah melakukan 3 kegiatan utama. Mulai dari Pre-Workshop, Workshop, dan Synthesis Project.
MoXa Product Assessment MoXa telah terlibat dengan Astra Digital untuk menilai posisi mereka saat ini melalui perspektif 7 dimensi. Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi friksi dalam perjalanan pelanggan MoXa dan mengusulkan permainan masa depan untuk MoXa.
AstraPay Product Assessment
AstraPay telah bekerja sama dengan Astra Digital untuk menilai posisinya saat ini melalui perspektif 4 dimensi seperti lanskap pasar, model bisnis, fitur produk, dan UI-UX.
Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam proses internal mereka dan mengusulkan kemitraan strategis untuk dijajaki oleh AstraPay.
Digiroom Product Assessment Digiroom telah bekerja sama dengan Astra Digital untuk menilai posisinya saat ini melalui perspektif 7 dimensi. Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi friksi dalam perjalanan dan area pelanggan Digiroom untuk diperbaiki dalam proses internal mereka. Untuk mengeksekusi rekomendasi tersebut, Auto2000 selaku pemilik Digiroom melanjutkan kerja sama dengan Astra Digital.
Movic
Movic adalah platform digital berupa aplikasi mobile yang memberikan kemudahan untuk segala kebutuhan transportasi. Mulai dari sewa mobil, sewa mobil dengan supir, antar jemput bandara, sewa mobil instan per 1 jam, hingga booking bus & tiket travel, semua bisa dilakukan dengan Movic.
Sejak tahun 2018, Movic hadir sebagai solusi kebutuhan mobilitas transportasi di Indonesia. Saat ini layanan Movic dapat dinikmati di 60 kota di Indonesia.
Natacara
Natacara merupakan inovasi terbaru dari Astra Digital. Natacara dikembangkan secara khusus sebagai platform manajemen acara untuk memudahkan penyelenggara acara dan peserta untuk mengadakan atau berpartisipasi dalam acara.
Sejak tahun 2020, Natacara berkembang pesat. Natacara sukses berkolaborasi dengan total 200+ mitra dan didukung 1.000+ acara, baik dari Grup Astra maupun dengan mitra eksternal.
Astra Isuzu
Berkolaborasi dengan Isuzu dalam perjalanan membangun usaha melalui penyediaan layanan pembangunan usaha.
1. Melakukan market research & kompetitor benchmarking untuk mendapatkan market & kompetitor insights.
2. Melakukan riset pelanggan untuk mengidentifikasi perjalanan pelanggan dan proposisi nilai.
3. Mengembangkan model dan konsep bisnis potensial untuk usaha tersebut.
4. Prototipe produk yang dirancang atau mock-up tingkat tinggi.
Sera
Memberikan solusi pembangunan usaha untuk membantu upaya pembangunan usaha Sera.
1. Melakukan riset pasar untuk mendapatkan ukuran pasar & tren pertumbuhan.
2. Melakukan pembandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
3. Mengembangkan model bisnis potensial & penggerak pendapatan.
4. Melakukan review & rekomendasi produk.
Astra Otoparts
Terlibat dengan Astra Otoparts dalam pengembangan usaha baru dengan kegiatan utama sebagai berikut.
1. Mengadakan workshop ide untuk menyelaraskan visi & strategi produk.
2. Perjalanan pelanggan yang ditentukan terkait dengan usaha baru.
3. Melakukan pembandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
4. Mengembangkan model dan konsep bisnis potensial untuk usaha tersebut.
Mobbi
Dukungan Venture Building untuk pengembangan Mobbi sebagai berikut.
1. Melakukan riset pasar untuk mendapatkan ukuran pasar & tren pertumbuhan.
2. Melakukan riset pelanggan untuk mengidentifikasi proposisi & penawaran nilai utama.
3. Melakukan perbandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
4. Mendukung identifikasi model & strategi bisnis.
5. Mendesain prototipe produk atau mock-up & wireframe yang dapat diklik.
Sayurbox
Sayurbox merupakan platform perdagangan farm-to-table Indonesia, yang menyediakan pengiriman produk segar pada hari yang sama dari daerah pedesaan terpencil.
Astra bertindak sebagai investor utama untuk penggalangan dana Seri B Sayurbox pada April 2021 dan melakukan investasi selanjutnya dalam penggalangan dana Seri C mereka pada Maret 2022.
Sejak April 2022, AstraPay telah ditambahkan sebagai metode pembayaran di Sayurbox.
Halodoc
Startup HealthTech yang menghubungkan pengguna aplikasi ke jaringan dokter berlisensi, apotek mitra bersertifikat, dan layanan laboratorium medis berlisensi.
Astra memimpin sebagai investor utama untuk penggalangan dana Seri C Halodoc pada April 2021.
Asuransi Astra bersama Halodoc meluncurkan produk asuransi kesehatan digital, Garda Healthtech, yang dapat dibeli dengan mudah melalui aplikasi.
Mapan
Mapan adalah suatu platform perdagangan sosial berbasis komunitas digital. Mapan memiliki misi untuk meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan masyarakat Indonesia.
Astra memimpin penggalangan dana Seri A untuk Mapan pada tahun 2022.
Paxel
Paxel adalah perusahaan pengiriman berbasis teknologi yang berkomitmen untuk menyelesaikan tantangan jarak jauh di Indonesia.
Paxel yang mulai beroperasi pada tahun 2018 sebagai startup logistik berbasis teknologi juga memberikan dukungan terhadap UMKM, hal ini sejalan dengan langkah Astra mempercepat transformasi digital serta memberikan produk dan layanan inovatif kepada masyarakat.
Astra memimpin penggalangan dana seri C Paxel pada Juni 2022.
Paxel
Paxel adalah perusahaan pengiriman berbasis teknologi yang berkomitmen untuk menyelesaikan tantangan jarak jauh di Indonesia.
Paxel yang mulai beroperasi pada tahun 2018 sebagai startup logistik berbasis teknologi juga memberikan dukungan terhadap UMKM, hal ini sejalan dengan langkah Astra mempercepat transformasi digital serta memberikan produk dan layanan inovatif kepada masyarakat.
Astra memimpin penggalangan dana seri C Paxel pada Juni 2022.
Mapan
Mapan adalah suatu platform perdagangan sosial berbasis komunitas digital. Mapan memiliki misi untuk meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan masyarakat Indonesia.
Astra memimpin penggalangan dana Seri A untuk Mapan pada tahun 2022.
Halodoc
Startup HealthTech yang menghubungkan pengguna aplikasi ke jaringan dokter berlisensi, apotek mitra bersertifikat, dan layanan laboratorium medis berlisensi.
Astra memimpin sebagai investor utama untuk penggalangan dana Seri C Halodoc pada April 2021.
Asuransi Astra bersama Halodoc meluncurkan produk asuransi kesehatan digital, Garda Healthtech, yang dapat dibeli dengan mudah melalui aplikasi.
Sayurbox
Sayurbox merupakan platform perdagangan farm-to-table Indonesia, yang menyediakan pengiriman produk segar pada hari yang sama dari daerah pedesaan terpencil.
Astra bertindak sebagai investor utama untuk penggalangan dana Seri B Sayurbox pada April 2021 dan melakukan investasi selanjutnya dalam penggalangan dana Seri C mereka pada Maret 2022.
Sejak April 2022, AstraPay telah ditambahkan sebagai metode pembayaran di Sayurbox.
Mobbi
Dukungan Venture Building untuk pengembangan Mobbi sebagai berikut.
1. Melakukan riset pasar untuk mendapatkan ukuran pasar & tren pertumbuhan.
2. Melakukan riset pelanggan untuk mengidentifikasi proposisi & penawaran nilai utama.
3. Melakukan perbandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
4. Mendukung identifikasi model & strategi bisnis.
5. Mendesain prototipe produk atau mock-up & wireframe yang dapat diklik.
Astra Otoparts
Terlibat dengan Astra Otoparts dalam pengembangan usaha baru dengan kegiatan utama sebagai berikut.
1. Mengadakan workshop ide untuk menyelaraskan visi & strategi produk.
2. Perjalanan pelanggan yang ditentukan terkait dengan usaha baru.
3. Melakukan pembandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
4. Mengembangkan model dan konsep bisnis potensial untuk usaha tersebut.
Sera
Memberikan solusi pembangunan usaha untuk membantu upaya pembangunan usaha Sera.
1. Melakukan riset pasar untuk mendapatkan ukuran pasar & tren pertumbuhan.
2. Melakukan pembandingan pesaing untuk memahami lanskap persaingan & menemukan peluang masuk.
3. Mengembangkan model bisnis potensial & penggerak pendapatan.
4. Melakukan review & rekomendasi produk.
Astra Isuzu
Berkolaborasi dengan Isuzu dalam perjalanan membangun usaha melalui penyediaan layanan pembangunan usaha.
1. Melakukan market research & kompetitor benchmarking untuk mendapatkan market & kompetitor insights.
2. Melakukan riset pelanggan untuk mengidentifikasi perjalanan pelanggan dan proposisi nilai.
3. Mengembangkan model dan konsep bisnis potensial untuk usaha tersebut.
4. Prototipe produk yang dirancang atau mock-up tingkat tinggi.
Natacara
Natacara merupakan inovasi terbaru dari Astra Digital. Natacara dikembangkan secara khusus sebagai platform manajemen acara untuk memudahkan penyelenggara acara dan peserta untuk mengadakan atau berpartisipasi dalam acara.
Sejak tahun 2020, Natacara berkembang pesat. Natacara sukses berkolaborasi dengan total 200+ mitra dan didukung 1.000+ acara, baik dari Grup Astra maupun dengan mitra eksternal.
Movic
Movic adalah platform digital berupa aplikasi mobile yang memberikan kemudahan untuk segala kebutuhan transportasi. Mulai dari sewa mobil, sewa mobil dengan supir, antar jemput bandara, sewa mobil instan per 1 jam, hingga booking bus & tiket travel, semua bisa dilakukan dengan Movic.
Sejak tahun 2018, Movic hadir sebagai solusi kebutuhan mobilitas transportasi di Indonesia. Saat ini layanan Movic dapat dinikmati di 60 kota di Indonesia.
Digiroom Product Assessment Digiroom telah bekerja sama dengan Astra Digital untuk menilai posisinya saat ini melalui perspektif 7 dimensi. Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi friksi dalam perjalanan dan area pelanggan Digiroom untuk diperbaiki dalam proses internal mereka. Untuk mengeksekusi rekomendasi tersebut, Auto2000 selaku pemilik Digiroom melanjutkan kerja sama dengan Astra Digital.
AstraPay Product Assessment
AstraPay telah bekerja sama dengan Astra Digital untuk menilai posisinya saat ini melalui perspektif 4 dimensi seperti lanskap pasar, model bisnis, fitur produk, dan UI-UX.
Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam proses internal mereka dan mengusulkan kemitraan strategis untuk dijajaki oleh AstraPay.
MoXa Product Assessment MoXa telah terlibat dengan Astra Digital untuk menilai posisi mereka saat ini melalui perspektif 7 dimensi. Dari keterlibatan tersebut, Astra Digital telah mengidentifikasi friksi dalam perjalanan pelanggan MoXa dan mengusulkan permainan masa depan untuk MoXa.
Astra Motor Customer Journey Workshop
Astra Motor bersama Astra Digital berupaya mengidentifikasi potensi inisiatif digital untuk memperkuat strategi Omnichannel Astra Motor dengan mempertimbangkan internal, eksternal pain point dan tren di industri. Hasil dari workshop tersebut adalah 3 ide prioritas yang disepakati manajemen untuk dieksekusi oleh Astra Motor.
Hasil dari workshop tersebut adalah 3 ide prioritas yang disepakati manajemen untuk dieksekusi oleh Astra Motor. Untuk menjawab tujuan tersebut, Astra Digital telah melakukan 3 kegiatan utama. Mulai dari Pre-Workshop, Workshop, dan Synthesis Project.
Auto2000 Customer Journey Workshop
Auto2000 along with Astra Digital strive to identify potential digital initiatives to strengthen Auto2000 Omnichannel strategy by considering internal, external pain points and trend in the industry. The result of the workshops are 3 prioritized ideas that is agreed by the management to be executed by Auto2000.
The result of the workshops are 3 prioritized ideas that is agreed by the management to be executed by Astra Motor. To answer the objectives, Astra Digital has conducted 3 main activities. Start from Pre-Workshop, Workshop, and Synthesis Project.
Astra Property
Astra Property adalah bisnis pengembangan, pengelolaan, dan investasi properti dengan portofolio terdiversifikasi yang terintegrasi. Astra Property memiliki proyek diversifikasi yang meliputi International Grade A Office Tower dengan sertifikasi Greenmark Platinum yang merupakan sertifikasi tertinggi dalam kategori green building, apartemen dengan konsep premium dan mewah, rumah hunian dengan konsep hunian di tepi danau dan jasa manajemen properti yang mengutamakan keunggulan operasional dan pelayanan.
Astra Digital membantu Astra Property dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Mobbi
Mobbi merupakan platform jual beli mobil bekas yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukung yang dapat dinikmati konsumen. Layanan yang ditawarkan mobbi antara lain inspeksi mobil, perkiraan penawaran harga mobil bekas, pengajuan pembelian secara kredit dari lembaga keuangan, dan asuransi yang terintegrasi dalam ekosistem Grup Astra.
Astra Digital membantu mo88i dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Astra Otoshop
Astra Otoshop berada di bawah naungan PT Ardendi Jaya Sentosa, salah satu anak perusahaan PT Astra Otoparts yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi suku cadang kendaraan roda dua dan roda empat di Indonesia untuk pasar pembuatan dan penggantian otomotif pasar suku cadang.
Astra Digital membantu Astra Otoshop dalam hal pengembangan brand campaign, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Seva
SEVA adalah platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai pilihan paket pembelian produk berkualitas untuk Astra Financial.
Seluruh produk yang SEVA hadirkan ditujukan untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk dapat membeli mobil dengan nyaman secara finansial dan praktis melalui layanan online.
Astra Digital membantu SEVA dalam hal pengembangan kampanye merek, produksi aset digital kreatif, dan strategi & implementasi pemasaran berbayar.
Astra Infra
Jalan Tol Astra Infra telah menjadi bagian dari AstraInfra yang telah berpengalaman lebih dari 28 tahun sebagai investor-operator di sektor infrastruktur Indonesia. Mencerminkan pengembangan berkelanjutan dari portofolio bisnisnya.
Astra Infra terdiri dari PT Astra Tol Nusantara sebagai induk usaha jalan tol dan PT Astra Nusa Perdana sebagai induk usaha Infrastruktur Logistik. Kami mendukung mereka dalam meningkatkan layanan dan kinerja mereka dengan memanfaatkan dasbor untuk pemantauan.
Astra Property
Astra memasuki sektor properti pada tahun 2013 dan memperkuat rantai nilai bisnis Grup Astra. Tiga tahun kemudian, Astra mendirikan Divisi Properti di PT Astra International Tbk.
Kami membantu tim Astra Property untuk mengidentifikasi kesehatan merek di pasar properti dan perilaku pelanggan dalam proses keputusan pembelian properti dengan melakukan riset pasar.
Astra Motor
Astra Motor - PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation, merupakan salah satu Corporate Operation PT Astra International Tbk. yang bergerak di bidang distribusi dan penjualan retail kendaraan roda dua Honda. Hingga saat ini Astra Motor telah mencapai 171 Kantor Penjualan dengan Jaringan H123 sebanyak 154 Kantor Penjualan.
Dengan jaringan yang luas, tentunya Astra Motor membutuhkan prioritas dalam mendekati pelanggan guna meningkatkan penjualan dan pelayanan. Data Intelligence hadir untuk membantu mengembangkan segmentasi pelanggan berdasarkan siklus hidup dan nilai mereka, juga memungkinkan pendekatan prioritas dan personalisasi kepada pelanggan.
Movic
Movic adalah platform digital berupa aplikasi mobile yang memberikan kemudahan untuk segala kebutuhan transportasi pelanggan. Mulai dari sewa mobil, sewa mobil dengan supir, antar jemput bandara, sewa mobil instan per 1 jam, hingga booking bus & tiket travel, semua bisa dilakukan dengan Movic.
Sejak tahun 2018, Movic hadir sebagai solusi kebutuhan mobilitas transportasi di Indonesia dan kini telah menjangkau 60 kota di Indonesia.
Tim Intelijen Data Astra mengambil bagian dalam perjalanan mereka dengan mendukung pemantauan kinerja bisnis dan metrik penting lainnya secara realtime sambil mengaktifkan pelaporan otomatis.
Astra Isuzu
PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation atau biasa dikenal dengan Astra Isuzu merupakan jaringan penjualan, perawatan, dan perbaikan serta penyediaan suku cadang untuk produk Isuzu yang berdiri sejak tahun 1990. Saat ini Astra Isuzu merupakan yang terbesar Dealer Isuzu di Indonesia yang menguasai sekitar 45 persen dari total penjualan Isuzu. Dalam kegiatan usahanya, Astra Isuzu bekerjasama dengan PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang merupakan agen tunggal pemegang merek Isuzu atau ATPM.
Sebagai jasa reparasi kendaraan Isuzu, mereka perlu memprediksi siapa saja calon pelanggan churn. Dukungan tim Astra Data Intelligence dengan memanfaatkan transaksi layanan historis yang ada dan mengembangkan pembelajaran mesin. Oleh karena itu, Astra Isuzu mampu melakukan pendekatan inisiatif dengan membuat strategi kampanye dan membidik segmen.
Auto2000
Auto2000 atau Toyota Sales Operation adalah jaringan layanan penjualan, perawatan, perbaikan, dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales. Pada tahun 1989, mereka berganti nama menjadi Auto2000 dengan pengelolaan sepenuhnya ditangani oleh Astra. Saat ini, Auto2000 merupakan peritel Toyota terbesar di Indonesia dengan penguasaan sekitar 45 persen dari total penjualan Toyota.
Tim Intelijen Data kami menggunakan pendekatan analitik untuk menentukan pola profil prospek dan prioritas skor untuk meningkatkan tindak lanjut beserta persona prospek berdasarkan data perilaku yang ditelusuri.
IKEA
IKEA, perusahaan Swedia yang terkenal dengan furnitur modern dan terjangkau dengan hampir 300 toko di seluruh dunia. IKEA adalah bagian dari The Dairy Farm, salah satu anak perusahaan Jardine Matheson Holdings Limited yang mengoperasikan toko furnitur IKEA di Hong Kong, Indonesia, dan Taiwan.
Astra Data Intelligence mendukung IKEA untuk menentukan harga produk di area tertentu untuk meningkatkan penjualan, memberikan referensi bagi tim bisnis dalam menentukan lokasi toko baru atau pusat pengalaman melalui Sales Planning Tools.
Innovation Lab Inisiatif Astra untuk mengakselerasi inovasi dan digitalisasi di Grup Astra melalui pemberdayaan startup. Astra Innovation Lab menyediakan program akselerasi intensif selama 12 minggu untuk mendukung startup tahap awal dalam mengembangkan produknya.
Immersion Day Immersion Day bertujuan untuk meningkatkan kemampuan digital, keterampilan, dan pengetahuan karyawan di seluruh Grup Astra dengan memfasilitasi kunjungan perusahaan dan berbagi pengetahuan dari perusahaan-perusahaan di garis depan industri teknologi.
Astranauts
Astranauts yang merupakan kompetisi inovasi digital dan teknologi untuk startup dan mahasiswa dari Astra.
Astra menginisiasi Astranauts untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia, sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu sustainability saat ini dan di masa depan.
DigiTalk Sesi diskusi bulanan yang mengundang pembicara eksternal dan pakar materi pelajaran untuk berbagi pengetahuan dan wawasan tentang segala hal yang bersifat digital. Mulai dari tren digital, bisnis digital, pemasaran digital, pengembangan produk, hingga analitik data, dengan harapan dapat menambah perspektif baru dan menciptakan inspirasi bagi karyawan Grup Astra dan masyarakat umum.
Astra Digital Academy
Astra Digital Academy merupakan program pelatihan internal Astra yang berfokus pada membangun kapabilitas inti digital melalui topik analitik data, pengembangan produk, dan pemasaran digital.
1. Pelatihan Digital
Astra Digital Academy adalah program pelatihan internal Astra yang berfokus pada membangun kapabilitas inti digital.
2. Program Sertifikasi
Pelatihan khusus kualifikasi digital bagi karyawan Astra untuk mendapatkan sertifikasi yang diakui oleh Grup Astra. Melalui program sertifikasi, Academy & Technology dapat menetapkan standar kualifikasi digital di Grup Astra.
3. Bootcamp
Pelatihan intensif 3-6 bulan untuk Ilmuwan Data dan Insinyur Data.
4. Masterclass
Seminar triwulanan untuk para pemimpin senior di Astra untuk membahas topik digital & inovasi strategis.
Astra Digital C-Level Masterclass
Astra Digital Masterclass adalah seminar triwulanan untuk para pemimpin senior di Grup Astra yang mengundang pembicara dari perusahaan terkemuka untuk berbagi keahlian dan pengalaman tentang topik digital & inovasi strategis.
Sejak tahun 2021, Astra Digital Masterclass telah dilaksanakan sebanyak lima kali dengan topik Digital Venture Building, Digital Talent Strategy, Data-Driven Business Strategy, Artificial Intelligence for Business Growth, CRM 101 Tren & Strategi untuk Mendorong Pertumbuhan Pelanggan.
HUBUNGI KAMI